Selasa 23 Apr 2024 12:19 WIB

Sebanyak 781 Calon Jamaah Haji Asal Purwakarta Mulai Bersiap Berangkat ke Tanah Suci

Calon jamaah haji yang berusia paling muda berusia 18 tahun

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Ribuan calon jemaah haji mengikuti Bimbingan Manasik Haji
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ribuan calon jemaah haji mengikuti Bimbingan Manasik Haji

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA---Sebanyak 781 calon haji asal Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar) mulai dipersiapkan untuk berangkat ke Tanah Suci Makkah pada musim haji tahun ini. "Jamaah haji asal Purwakarta ini dibagi ke dalam dua kloter (kelompok terbang)," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama, Hanif Hanafi, Selasa (23/4/2024).

Hanif mengatakan, 781 calon haji asal Purwakarta yang akan berangkat ke Makkah pada musim haji tahun ini terdiri atas 357 laki-laki dan lebih dari 420 perempuan. Dari ratusan jamaah calon haji asal Purwakarta itu, ada yang berusia paling muda, yakni Fahmi Badrussalaam dari Kecamatan Kiarapedes, berusia 18 tahun.

Baca Juga

Sedangkan calon haji asal Purwakarta yang paling tua usianya ialah Amin bin Ahnan dari Kecamatan Pondoksalam, berusia 88 tahun.

Ia menyampaikan agar jamaah calon haji asal Purwakarta yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah tahun ini benar-benar menyiapkan diri, seperti menjaga kondisi kesehatan. Saat ini, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk keberangkatan jamaah calon haji asal Purwakarta. Di antaranya dengan menggelar bimbingan manasik haji.

Sekda Purwakarta Norman Nugraha mengatakan, Pemkab Purwakarta mendukung penuh setiap bentuk kegiatan persiapan pemberangkatan jamaah calon haji. "Kami juga siap melaksanakan tradisi yang telah digelar selama bertahun-tahun, yakni tradisi antar-jemput jamaah calon haji dengan menggunakan kendaraan dinas, pada saat keberangkatan maupun kepulangan dari Tanah Suci," katanya.

Disebutkan bahwa tradisi antar-jemput jamaah calon haji menggunakan kendaraan dinas Pemkab Purwakarta merupakan bagian dari komitmen pemkab dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jamaah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement