Senin 29 Apr 2024 18:59 WIB

Menanti Jalan Braga Bandung Bebas Kendaraan di Akhir Pekan

Disiapkan layanan parkir di kantor yang disediakan gratis.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Pengunjung berjalan-jalan menikmati sore di jalan Braga, Kota Bandung
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pengunjung berjalan-jalan menikmati sore di jalan Braga, Kota Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemkot Bandung segera merealisasikan rencana Jalan Braga, Kota Bandung, bebas kendaraan di akhir pekan pada awal bulan Mei tahun 2024. Mereka berharap kebijakan tersebut dapat mendongkrak angka kunjungan wisatawan Kota Bandung yang saat ini menurun dan dikeluhkan pelaku usaha.

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengungkapkan telah membahas rencana Jalan Braga bebas kendaraan kepada seluruh pemangku kepentingan di Kota Bandung. Mereka termasuk polisi dan TNI, ia mengklaim mendukung rencana Jalan Braga bebas kendaraan.

Baca Juga

"Braga salah satu ikon yang legend di Kota Bandung, bisa dinikmati oleh warga. Begitu indahnya suasana Braga manakala misalkan di weekend tidak ada yang parkir, kendaraan yang lewat. Ini menjadi sebuah daya tarik dan kebanggaan," ujar Bambang di Jalan Braga, Senin (29/4/2024).

Ia menyebut gagasan tersebut terus disosialisasikan kepada masyarakat dan seluruh pelaku usaha yang berada di Jalan Braga. Tidak hanya itu, Bambang menyebut kantong-kantong parkir telah disiapkan untuk menampung kendaraan yang hendak menuju Jalan Braga.

Sejumlah lokasi parkir di kantor-kantor pemerintahan di sekitar Jalan Braga, ia menyebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk parkir. Bahkan, ia menegaskan bahwa layanan parkir di parkiran kantor yang telah disediakan tersebut gratis.

Namun begitu, ia meminta masyarakat untuk ikut menjaga ketertiban saat memarkirkan kendaraan di kantor-kantor pemerintahan. Ia mengatakan telah menggandeng semua pihak untuk menyukseskan rencana tersebut. "Pekan sekarang (uji coba dilaksanakan)," kata dia.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan berharap program Jalan Braga bebas kendaraan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu, Kota Bandung menjadi tempat yang lebih nyaman lagi.

"Kami mendapatkan laporan dari GM hotel se-Bandung bahwa di beberapa pekan kunjungan wisatawan menurun, mudah-mudahan dengan Braga bebas kendaraan menjadi upaya menaikkan pariwisata," kata dia.

Tedy pun mengingatkan semu pihak agar mempersiapkan kegiatan tersebut dengan matang. Ia pun berharap kegiatan tersebut mendapatkan sambutan positif dari masyarakat.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan kantong-kantong parkir di kantor pemerintahan yang disiapkan seperti area parkir Balai Kota Bandung, Bank Bandung, BJB Syariah, Dinas Bina Marga, area Cikapundung dan lainnya. Pihaknya juga melakukan pengalihan arus.

Ia menyebut kendaraan yang melintasi jalan Naripan ke Jalan Braga pendek akan ditutup. Kendaraan yang datang dari Jalan Cikapundung dapat melintasi ke Jalan Naripan atau ke Jalan Braga pendek.

Asep menambahkan sebanyak 46 orang petugas Dishub akan melakukan pengaturan lalu lintas. Selain itu, memantau parkir-parkir di kantor pemerintahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement