Kamis 09 May 2024 19:55 WIB

Pemkab Cianjur Dukung Usulan Pemekaran Cianjur Selatan yang Digagas Pemprov Jabar

Cianjur menunggu kabar dari pemekaran Cianjur selatan menjadi kabupaten baru

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Bupati Cianjur Herman Suherman
Foto: Tangkapan layar instagram Herman Suherman
Bupati Cianjur Herman Suherman

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR---- Pemerintah Kabupaten Cianjur, mendukung penuh terbentuknya Kabupaten Cianjur Selatan yang kembali diusulkan menjadi kabupaten baru di Jawa Barat (Jabar). Hal itu, setelah Pemprov Jabar mengusulkan sembilan kabupaten baru ke Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Bupati Cianjur, Herman Suherman, nama Kabupaten Cianjur Selatan masuk dalam usulan sembilan kabupaten baru. Hal ini, menjadi angin segar bagi warga di 18 kecamatan yang akan tergabung ke dalam kabupaten baru di wilayah selatan Cianjur.

Baca Juga

"Kami masih menunggu kabar dari pusat terkait pemekaran Cianjur selatan menjadi kabupaten baru di Jabar, termasuk terkait regulasi yang harus ditempuh, namun kami kabupaten induk tentunya akan mendukung penuh," katanya.

Selama ini, kata dia, pihaknya telah menuntaskan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi wilayah selatan menjadi kabupaten baru. Termasuk, membangun infrastruktur jalan dan pusat pemerintahan atau titik nol Kabupaten Cianjur Selatan di Kecamatan Sindangbarang.

Bahkan, pembangunan jalan kabupaten penghubung antar kecamatan yang nantinya masuk dalam kabupaten baru itu, terus digenjot dan hampir 80 persen sudah tuntas dibangun terkoneksi langsung ke jalan provinsi dan nasional seperti di Kecamatan Cidaun dan Pasirkuda.

"Kapan terealisasi-nya DOB, kami belum mengetahui secara pasti, karena masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat, tapi dengan usulan yang diserahkan Pemprov Jabar ke pusat sudah menjadi kabar terbaru dan membahagiakan warga selatan," katanya.

Herman menambahkan, kabar Kabupaten Cianjur Selatan menjadi daerah yang berpisah dari Kabupaten Cianjur setelah Provinsi Jabar mengusulkan pemekaran sembilan kabupaten baru ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sebelumnya, sembilan Daerah Otonom Baru (DOB) di Jawa Barat sudah diusulkan sejak masa jabatan Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada tahun 2018 hingga 2023.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement