Jumat 10 May 2024 21:58 WIB

Partai Nasdem Usung Farhan dan Rendiana Awangga di Pilkada Bandung

Kedua nama telah diusulkan kepada DPW Nasdem Jabar hingga ke DPP Nasdem.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan
Foto: Istimewa
Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----DPD Partai Nasdem Kota Bandung resmi mengusung Muhammad Farhan dan Rendiana Awangga untuk berkontestasi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bandung. Kedua nama tersebut akan diusulkan ke DPP Nasdem dan selanjutnya akan keluar satu nama.

Seperti diketahui, Muhammad Farhan adalah anggota DPR RI dapil Kota Bandung dan Kota Cimahi. Sedangkan, Rendiana Awangga yang akrab disapa Kang Awang merupakan anggota DPRD Kota Bandung.

Baca Juga

Ketua Bappilu DPD Nasdem Kota Bandung Rizky Mediantoro mengatakan, nama Muhammad Farhan dan Rendiana Awangga mendaftar dalam penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung. Mereka telah lolos verifikasi dan telah diusulkan kepada DPW Nasdem Jabar hingga ke DPP Nasdem.

"Kader mendorong kang Farhan dan Kang Awang, mereka mendaftar melengkapi formulir yang dibuat oleh DPP. Kami verifikasi dan ditetapkan, kami pleno merekomendasikan dua nama Farhan dan Rendiana Awangga," ucap dia, Jumat (10/5/2024).

Ia menuturkan kedua nama tersebut telah diusulkan ke DPW Nasdem Jabar. Selanjutnya, kedua nama itu akan dibawa ke DPP Nasdem dan diputuskan berdasarkan elektabilitas dari nama-nama tersebut. "DPP akan melakukan fit and proper tes," kata dia.

Ia mengatakan proses mengumumkan nama-nama bakal calon kepada daerah ke masyarakat lebih awal merupakan tradisi Partai Nasdem. Pengumuman tersebut juga merupakan bagian dari upaya melihat rekam jejak dan elektabilitas.

Di tengah proses mengumumkan kedua nama tersebut, Rizky mengungkapkan partai telah melakukan komunikasi dengan beberapa partai politik lain seperti PKS, Golkar dan PKB. Selain itu, kedua nama yang diusung pun harus melakukan komunikasi politik dengan partai lainnya.

Saat ini, Partai Nasdem Kota Bandung meraih 6 kursi di DPRD Kota Bandung. Terkait apakah Nasdem akan mengusung kadernya sebagai calon wali kota atau wakil wali kota, Rizky mengaku masih melihat kemungkinan-kemungkinan ke depan apakah sebagai calon wali kota atau wakil wali kota.

Namun, ia mengatakan partai saat melakukan koalisi akan melihat komposisi pasangan calon yang terbaik. "Kalau dilihat cukup bisa saja Bandung 1," kata dia.

Sementara itu, Farhan mengaku optimis bahwa kader yang diusung partai di pilkada Bandung merupakan calon terbaik yang dimiliki organisasi. Ia pun mengatakan kader tersebut yang dipercaya akan memimpin Kota Bandung.

Ia mengatakan ketiga sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur menjadi visi dan misinya bagi Kota Bandung ke depan. "Ketiga hal itu jadi prioritas utama," kata dia melalui keterangan resmi yang diterima. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement