Senin 20 May 2024 14:08 WIB

Soal Kasus Vina Cirebon, KY Cek Laporan Terpidana Saka Tatal yang Ngaku Salah Tangkap

Kuasa hukum mengaku sudah pernah melaporkan kasus Saka Tatal ke Komnas HAM maupun KY

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Arie Lukihardianti
Poster film horor Vina: Sebelum 7 Hari. Film Vina: Sebelum 7 Hari yang mengangkat cerita tentang korban kekerasan korban geng motor berhasil menarik 335.812 penonton pada hari pertama penayangannya.
Foto: Dok. Dee Company
Poster film horor Vina: Sebelum 7 Hari. Film Vina: Sebelum 7 Hari yang mengangkat cerita tentang korban kekerasan korban geng motor berhasil menarik 335.812 penonton pada hari pertama penayangannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA ---- Komisi Yudisial (KY) akan mengecek laporan dari Saka Tatal selaku satu dari delapan terpidana kasus pembunuhan dan pemerkosaan yang menimpa Vina dan temannya, Muhammad Rizky atau Eky, di Cirebon pada 2016. Sebab, Saka yang telah menghirup udara bebas mengaku sebagai korban salah tangkap oleh polisi. 

Tim kuasa hukum Saka Tatal sempat mengungkap berbagai kejanggalan yang menimpa kliennya itu sudah disampaikannya sejak 2017. Bahkan, tim kuasa hukum sudah pernah melaporkannya ke Komnas HAM maupun KY mengenai penanganan kasus Saka. "Kami akan mengecek informasi tersebut, mohon ditunggu ya, kami sedang cek berkasnya," ujar Juru Bicara KY Mukti Fajar Nur Dewata kepada Republika, Senin (20/5/2024). 

Baca Juga

Perlu diketahui, Saka divonis delapan tahun penjara dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Cirebon pada 2017. Tapi setelah mendapat remisi, Saka hanya menjalani masa hukuman selama hampir empat tahun dan bebas pada April 2020.

Kini, Saka muncul di hadapan publik seiring viralnya film Vina : Sebelum 7 Hari. Kehadiran Sakka di depan publik itu guna membeberkan salah tangkap yang menimpanya. 

 

Saka mengatakan, saat peristiwa pembunuhan yang menimpa Vina dan Eky terjadi pada 27 Agustus 2016, dirinya sedang berada di rumah. Saka memilih mengaku sebagai tersangka karena adanya intimidasi dari polisi. 

Saka pun mengklaim tidak mengenal Vina maupun Eky. Dia juga tidak mengenal ketiga pelaku yang kini masih buron. Saka juga mengungkapkan bahwa dirinya bukan anggota geng motor. Bahkan, dia tidak memiliki motor sama sekali.

Kini, Saka berharap agar nama baiknya kembali dipulihkan seperti sedia kala. Sebab Saka ingin mencari pekerjaan dan hidup normal. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement