Selasa 11 Jun 2024 20:07 WIB

Hendak Study Tour, Bus yang Ditumpangi Mahasiswa ITB Alami Kecelakaan di Kampus Jatinangor

Ada empat unit bus yang terlibat kecelakaan sedang parkir dalam kondisi jalan menurun

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Kecelakaan Bus ITB
Foto: Dok Republika
Kecelakaan Bus ITB

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Bus yang membawa rombongan mahasiswa ITB mengalami kecelakaan di area kampus Jatinangor, Sumedang, Selasa (11/6/2024) pukul 05.30 WIB. Mereka hendak melaksanakan study tour ke Waduk Jatigede dan Waduk Cirata.

Kasatlantas Polres Sumedang AKP Rizky Aulia melalui Kanit Gakkum Satlantas Polres Sumedang Ipda Hendi Yusuf mengatakan kecelakaan bus yang ditumpangi mahasiswa ITB terjadi saat hendak berangkat study tour di area Kampus Jatinangor. Total bus yang hendak berangkat study tour berjumlah 18 unit.

Baca Juga

"Ada empat unit bus yang terlibat kecelakaan sedang parkir dalam kondisi jalan yang menurun," ujar Rizky, Selasa (11/6/2024).

Kecelakaan, ia menuturkan bermula dari bus bernomor polisi D 7206 AM yang dikendarai Lisan tergelincir saat sedang terparkir. Bus tersebut melaju di jalan yang menurun hingga menabrak tiga unit bus lainnya yang sedang terparkir di depan.

"Dua bus sempat dikendalikan karena sopir berada di dalam sedangkan satu bus dengan nomor polisi D 7864 AM menabrak tiang parkir dan menabrak trotoar taman. Sopir bus berada di luar sehingga tidak sempat mengendalikan," kata dia.

Saat kejadian, ia mengatakan terdapat tujuh orang mahasiswa di dalam bus yang terlibat kecelakaan. Hendi memastikan tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut. "Saat kejadian di dalam bus baru ada tujuh orang mahasiswa yang masuk. Namun, setelah kejadian tidak ada korban jiwa maupun korban luka," kata dia.

Ia mengatakan peristiwa tersebut baru dilaporkan ke kepolisian pada pukul 09.45 WIB. Saat ke lokasi kejadian, Hendi mengatakan petugas tidak menemukan tiga bus yang mengalami kecelakaan dan hanya satu bus. "Hanya satu bus saja yang menabrak tiang parkir dan trotoar taman yang pada saat itu sedang dilakukan evakuasi," katanya.

Kepala Humas ITB Naomi Haswanto membenarkan peristiwa kecelakaan tersebut. Ia mengatakan salah satu bus bernomor 13 dari 18 bus yang akan membawa mahasiswa Tahap Persiapan Bersama Institut Teknologi Bandung (TPB ITB) untuk melaksanakan kuliah lapangan ke Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung di Cirata menabrak bundaran taman area tugu ITB Kampus Jatinangor, Selasa (11/6/2024).

"Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian tersebut. Adapun keberangkatan kuliah lapangan dibatalkan," kata dia.

Ia mengatakan pihak ITB turut prihatin atas kejadian tersebut dan akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan keamanan dan kenyamanan sivitas akademika. Serta mengambil langkah-langkah preventif agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement