Rabu 12 Jun 2024 08:31 WIB

Hewan Kurban di Cirebon Masih Ada yang Belum Cukup Umur Tapi Dijual Pedagang

Masyarakat sebaiknya membeli hewan kurban yang sudah diberi label oleh petugas

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Hewan Kurban
Foto: AP Photo/Anis Belghoul
Hewan Kurban

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON----Menjelang Hari Raya Idul Adha, pemeriksaan hewan kurban pun terus dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon. Hal itu untuk memastikan kondisi hewan kurban yang dijual oleh para pedagang dalam keadaan sehat dan cukup umur.

Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi bahkan turun meninjau dan memantau pemeriksaan hewan kurban secara langsung, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga

Agus mengatakan, untuk memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat dan sesuai dengan ketentuan syariat Islam, tim DKPPP harus menyampaikan detail apa saja yang harus dilakukan oleh pembeli maupun penjual. ‘’Untuk masyarakat sebagai pembeli, cek secara fisik, umur dan syarat sahnya hewan kurban. Penjual juga harus diberi pengertian oleh tim DKP3 bahwa hewannya harus sehat,’’ kata Agus.

Agus juga mengimbau kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sudah diberi label oleh petugas. Label itu, sebagai tanda bahwa hewan tersebut telah diperiksa kesehatannya dan layak untuk diperjualbelikan. Agus mengatakan, dari hasil pengecekan, masih ditemukan ada beberapa kambing yang belum cukup umur. Padahal, untuk menjadi hewan kurban, maka hewan harus memenuhi syarat umur yang telah ditentukan.

 

‘’Ada kambing yang belum cukup umur kita pisahkan dan tidak diberi label. Untuk masyarakat yang ingin membeli hewan kurban, baik sapi maupun kambing di Kota Cirebon, diperhatikan kembali bahwa hewan kurban yang dibeli harus sudah ada label sehat dari dinas,’’ kata Agus.

Tak hanya itu, Agus juga meminta kepada DKPPP untuk memperhatikan pengelolaan limbah yang dihasilkan dari kotoran hewan dan rutin melakukan monitoring. ‘’Jadi kalau bisa yang dibuang sudah limbah cairnya saja, limbah padatnya bisa diangkut agar tidak membebani saluran air dan tidak menimbulkan bau,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala DKPP Kota Cirebon, Elmi Masruroh mengatakan, selain pemeriksaan kesehatan hewan ke sejumlah penjual, pihaknya juga menggelar bimbingan teknis kepada petugas pemotong hewan kurban. ‘’Saya berharap petugas pelaksana pemotongan hewan kurban ini mengetahui tata cara penyembelihan dan pengolahan daging hewan kurban yang aman untuk dikonsumsi sesuai syariat,’’ kata Elmi. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement