Rabu 12 Jun 2024 13:28 WIB

Jatuh Bangun Usaha Skincare Lokal Terimbas Pandemi, Bangkit Berkat Marketing Tradisional

Saat ini industri skincare di Indonesia persaingannya cukup ketat

Skincare (Ilustrasi)
Foto: Freepik
Skincare (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Saat ini brand skincare asli Indonesia kini tengah menjadi sorotan di TikTok dan diakui oleh banyak beauty enthusiast salah satunya adalah Mirukaku. Ternyata, Mirukaku ini, lahir dari seorang karyawan yang memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan kosmetik. Termasuk, di salah satu brand kosmetik Korea yang terkenal. Memulai karir dari bawah sampai menjabat sebagai seorang manajer di perusahaan kosmetik, membuat sebuah ide dan inspirasi muncul untuk mendirikan bisnis kosmetiknya sendiri. 

Menurut Owner Mirukaku, Yuliandi, ia berbisnis skincare karena ingin berkembang dan berusaha di atas kakinya sendiri. Kemudian, dirinya bekerja sama dengan beberapa teman dan mulailah proses perencanaan dan percobaan sampai terlahir satu produk unggulan yang kini melambungkan namanya, yaitu Mirukaku C-DHA Gold Serum Brightening Effect. Sayangnya, hal ini tidak bertahan lama karena pandemi COVID-19 yang melanda, sehingga pada tahun 2020 Mirukaku sempat vakum dan hanya menjadi bisnis sampingan.

Baca Juga

"Tapi pada 2023, kami kembali mengalami kebangkitan dengan tekad yang kuat, yakni dengan mulai memasarkan produknya yang diawali dengan proses marketing tradisional," ujar Yuliandi, kepada wartawan, Rabu (12/6/2024).

Yuliandi menjelasakan, proses marketing tradisional itu dengan mengandalkan reseller kecil dan promosi langsung kepada konsumen. Hingga akhirnya, berkembang dengan serius sampai ranah marketing modern yang juga bekerja sama dengan iBooming, platform digital marketing untuk melakukan pemasaran digital secara luas dan terukur.

 

"Bermula dari produk Mirukaku C-DHA Gold Serum Brightening Effect, kini Mirukaku berkembang pesat dan menawarkan berbagai produk perawatan kulit termasuk moisturizer, toner dan sunscreen yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan," katanya. 

Saat ini, kata dia, industri skincare di Indonesia persaingannya cukup ketat. Oleh karena itu, Mirukaku menonjolkan keunikan dan kekuatannya sebagai brand lokal yang diproduksi sepenuhnya di Indonesia. Konsep praktis dan aman, serta kualitas bahan baku yang dipilih dengan cermat, menjadi faktor utama yang membedakan produknya dari dari brand lain. Meskipun terlibat dalam persaingan harga yang tajam, produknya tetap berpegang pada prinsip bahwa kualitas tidak bisa dikompromikan.

"Dalam menghadapi persaingan dan tantangan seperti kebiasaan konsumen yang menginginkan hasil instan tanpa memperhatikan resiko, kami perlu tanggap dan kreatif dalam memberikan edukasi dan menjaga kualitas produk bagi konsumen," katanya.

Selain itu, kata dia, dalam menghadapi tren dan perubahan preferensi konsumen, Mirukaku terus mengikuti perkembangan terbaru dalam industri skincare tanpa mengabaikan kebutuhan konsumen sesungguhnya. Inovasi dan pengembangan produk terus dilakukan untuk memenuhi tuntutan pasar yang terus berkembang. 

"Pencapaian terbaik yang telah diraih adalah mampu memosisikan diri sebagai salah satu pemain utama dalam industri skincare lokal, dengan harapan untuk terus berkembang dan dikenal secara global," katanya.

Menghadapi perubahan trend kedepannya, kata Yuliandi, pihaknya siap menghadapi tantangan trend dengan berinovasi dan mendengarkan kebutuhan konsumen.  "Karena kami yakin kualitas yang baik dan pendekatan yang berkelanjutan dalam menjalani bisnis adalah jalan untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi," katanya

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement