Rabu 12 Jun 2024 15:12 WIB

Gelar Uji Emisi Gratis, DLH Cimahi targetkan 1.500 Kendaraan

Uji emisi gratis akan digelar selama tiga hari mulai 11 sampai dengan 14 Juni 2024

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas dari Badan Lingkungan Hidup Daerah kota Tangerang melakukan uji emisi gratis (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Petugas dari Badan Lingkungan Hidup Daerah kota Tangerang melakukan uji emisi gratis (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI---- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Jawa Barat (Jabar), menggelar uji emisi gas buang kendaraan bermotor secara gratis dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Sekaligus, sebagai upaya mengantisipasi penurunan kualitas udara di wilayah setempat.

Menurut Kepala DLH Kota Cimahi Chanifah Listyarini, kegiatan tersebut akan digelar selama tiga hari mulai 11 sampai dengan 14 Juni 2024 dengan melibatkan berbagai instansi vertikal di Kota Cimahi. Pada kegiatan uji emisi kendaraan kali ini, pihaknya menargetkan 1.500 kendaraan bisa dilakukan uji gas buang.

Baca Juga

“Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat pribadi, dinas, dan angkutan barang yang tidak wajib KIR,” ujar Chanifah di Cimahi, Rabu (12/6/2024).

Chanifah mengatakan, selain mencegah pencemaran udara, uji emisi gas buang kendaraan juga bertujuan untuk mengetahui kondisi mesin kendaraan dalam keadaan baik atau tidak.

 

“Pengujian ini perlu dilakukan untuk memberikan dampak besar bagi lingkungan hidup maupun kondisi kendaraan itu sendiri. Uji emisi dilakukan untuk mengetahui kondisi kendaraan dengan mengecek emisi atau gas mesin yang dibuang ke udara,” kata dia.

Dalam uji emisi kendaraan, kata dia, petugas akan memeriksa kandungan gas buang kendaraan, seperti hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), dan NOX. 

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya menargetkan sebanyak 600 kendaraan, target uji emisi tahun ini meningkat drastis menjadi 1.500 kendaraan dengan kuota pengujian sebanyak 500 unit kendaraan per hari,” katanya.

Ada perbedaan pada kegiatan ini, kata dia, bukan hanya kuota kendaraan yang mengikuti uji emisi. Tapi juga, ada beberapa pengujian lain yang dilakukan untuk mengevaluasi kualitas udara Kota Cimahi “Tahun ini kita ada tiga kegiatan yaitu yang tadi ada pengukuran uji emisi, penghitungan lalu lintas, dan pemantauan tepi jalan,” kata Chanifah.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement