Senin 01 Jul 2024 08:06 WIB

Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Guncang Jabar Selatan Terasa di Pameungpeuk

Gempa bumi merupakan gempa bumi dangkal aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Gempa bumi magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Jawa Barat selatan, Ahad (30/6/2024) tengah malam sekitar pukul 23.06 WIB. Lokasi gempa berada di laut pada jarak 237 kilometer arah barat daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 10 kilometer.

"Hari Ahad 30 Juni tahun 2024 pukul 23.06 WIB wilayah selatan Jawa Barat diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo 5,0," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu.

Baca Juga

Ia mengatakan gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia. Gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

 

Menurut Teguh, guncangan gempa bumi dirasakan di wilayah Pameungpeuk, Cibalong dan Cikelet. Namun hingga saat ini belum terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata dia.

Ia melanjutkan tidak terdapat gempa bumi susulan. Pihaknya mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Serta memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa.

"Atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement