Rabu 14 Aug 2024 10:48 WIB

Kekeringan Mulai Landa Kabupaten Bandung Barat

Petugas telah menyalurkan air ke salah satu masjid dan lingkungan desa tersebut.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Kekeringan. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Kekeringan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mengungkapkan krisis air bersih mulai melanda sejumlah wilayah di musim kemarau saat ini. Desa Batujajar Timur menjadi salah satu desa yang dilanda krisis air bersih parah.

Kepala BPBD Kabupaten Bandung Barat Meidi mengatakan desa yang mengalami kekeringan dan dilanda air bersih yaitu Desa Batujajar Timur di Kecamatan Batujajar. Petugas telah menyalurkan air ke salah satu masjid dan lingkungan desa tersebut. "Begitu ada laporan, kita kirimkan 10 ribu liter air bersih untuk masyarakat," ujar Meidi, Rabu (14/8/2024).

Baca Juga

Meidi mengatakan BPBD pun memasang toren air di sekitar kantor Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah. Pihaknya segera mungkin memenuhi kebutuhan masyarakat sebab air bersih merupakan kebutuhan masyarakat.

BPBD pun telah berkoordinasi dengan PDAM untuk penyediaan air bersih gratis berikut truk tangki dari PMI. Meidi mengatakan masyarakat dapat menghubungi BPBD apabila wilayahnya dilanda kekeringan dan membutuhkan air bersih. "Bencana kekeringan ini sering terjadi tiap tahun, wilayah-wilayah rawan seperti Kecamatan Rongga, Gununghalu, Padalarang, Cikalongwetan," kata dia.

BPBD berharap musim kemarau tahun ini tidak berlangsung lama dan wilayah terdampak kekeringan tidak banyak. Sebab, musim kemarau rawan menimbulkan kebakaran. "Saya  memohon kepada masyarakat, khususnya umat muslim memperbanyak sholawat biar bisa mengeliminir dampak kemarau," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement