Jumat 16 Aug 2024 20:38 WIB

PDIP Nyatakan Dukungan ke Paslon Dadang Supriatna-Ali Syakieb di Pilbup Bandung

Pernyataan dukungan ditandai dengan penyerahan surat tugas.

PDI Perjuangan akhirnya menyatakan dukungan kepada pasangan calon Bupati Bandung petahana Dadang Supriatna dan bakal calon Wakil Bupati Bandung Ali Syakieb di Pilkada Kabupaten Bandung, 27 November 2024.
Foto: Dok Republika
PDI Perjuangan akhirnya menyatakan dukungan kepada pasangan calon Bupati Bandung petahana Dadang Supriatna dan bakal calon Wakil Bupati Bandung Ali Syakieb di Pilkada Kabupaten Bandung, 27 November 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PDI Perjuangan akhirnya menyatakan dukungan kepada pasangan calon Bupati Bandung petahana Dadang Supriatna dan bakal calon Wakil Bupati Bandung Ali Syakieb di Pilkada Kabupaten Bandung, 27 November 2024.

Pernyataan dukungan ditandai dengan penyerahan surat tugas dari Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono kepada Bacabup Dadang Supriatna dari PKB, di kediaman Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono di Kota Bandung, Jumat (16/8/2024).

Baca Juga

"Ya, jadi memang PDI Perjuangan berproses. Dari awal memang kita tidak menyiapkan calon kepala daerah untuk Pilkada Kabupaten Bandung. Sehingga tidak ada surat tugas yang diberikan kepada kader ataupun non kader dari PDI Perjuangan," kata Ono dalam keterangan resminya. 

Proses kemudian berlanjut dengan adanya surat dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung ke DPD PDIP Perjuangan Jabar yang mengajukan calon kepala daerah Dadang Supriatna yang akrab disapa Kang DS ini. DPD PDI Perjuangan Jabar pun langsung melakukan fit and proper test kepada Kang DS.

"Akhirnya hari ini kita sepakat untuk mengusung dan mendukung pasangan Dadang Supriatna dan Ali Syakieb dan akan segera diproses melalui DPP PDI Perjuangan untuk mendapatkan surat rekomendasi DPP," jelas Ono.

Sebelumnya diberitakan, PDI Perjuangan dan PKB sepakat menjalin koalisi untuk Pilgub Jawa Barat (Jabar). Kedua partai itu akan mengusung pasangan Ono Surono dan Acep Adang maju di Pilgub Jabar 2024.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jabar Ketut Sustiawan dalam keterangannya, Rabu (14/8/2024) malam, mengatakan kerja sama politik dengan PKB dilakukan di 13 kabupaten/kota, termasuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat.

Untuk Pilgub Jabar, Ketut menemukan kesamaan visi dan misi dengan PKB. PDI Perjuangan menyodorkan nama Ono Surono sebagai bakal calon gubernur, sementara dari PKB ada sosok Acep Adang Ruhiyat yang menjadi bakal calon wakil gubernur.

"Untuk Pilgub Jabar ada kesepakatan, untuk calon gubernurnya ada Ono Surono dan wakilnya Kiai Acep Adang, yang akan kita bawa ke DPP masing-masing. Di Jawa Barat kita bersepakat untuk melanjutkan kerja sama ini di tingkat provinsi dalam hal kontestasi Pilkada Jawa Barat," ungkap Ketut.

Kesepakatan diperoleh usai pertemuan Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono dengan Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement