Rabu 14 Aug 2024 18:47 WIB

Bupati Bandung Minta Mobil Layanan Diprioritaskan untuk Melayani Masyarakat

Mobil layanan ini diharapkan dapat memudahkan pelayanan publik.

Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan publik, Bupati Bandung Dadang Supriatna, secara resmi meluncurkan Mobil Layanan Kelurahan (Moyan) bagi 10 kelurahan di Kabupaten Bandung di Kantor Kecamatan Baleendah, Rabu (14/8/2024).
Foto: Dok Republika
Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan publik, Bupati Bandung Dadang Supriatna, secara resmi meluncurkan Mobil Layanan Kelurahan (Moyan) bagi 10 kelurahan di Kabupaten Bandung di Kantor Kecamatan Baleendah, Rabu (14/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan publik, Bupati Bandung Dadang Supriatna, secara resmi meluncurkan Mobil Layanan Kelurahan (Moyan) bagi 10 kelurahan di Kabupaten Bandung di Kantor Kecamatan Baleendah, Rabu (14/8/2024). 

Usai launching, Mobil Layanan Kelurahan ini langsung diserahkan oleh Bupati Dadang Supriatna kepada 10 Lurah di Kabupaten Bandung. Mobil layanan ini diharapkan dapat memudahkan pelayanan publik kepada masyarakat di seluruh Kelurahan. 

Baca Juga

"Kami berharap dengan adanya mobil layanan ini, pelayanan publik di Kabupaten Bandung dapat semakin baik dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat. Semoga bermanfaat bagi masyarakat," ujar Dadang Supriatna saat Launching Mobil Layanan Kelurahan dan Penyerahan Santunan Kematian Program BPJS Ketenagakerjaan Bagi Anggota Lembaga Kemasyarakatan, Rabu (14/8/2024). 

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu berharap Mobil Layanan Kelurahan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan. Misalnya, masyarakat yang sakit atau ada kondisi darurat, jika tidak ada ambulans dapat mempergunakan mobil layanan tersebut. 

Oleh karena itu, ia meminta pihak Kelurahan dapat mempersiapkan prosedur pelayanan seperti menunjuk driver dan pengaturan operasional bahan bakar agar kendaraan pelat merah tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal. 

"Penting untuk merencanakan parkir, alokasi anggaran, dan sistem operasional yang efisien untuk memastikan pelayanan yang optimal. Sediakan juga nomor kontak driver atau call center untuk memudahkan masyarakat yang memerlukan mobil layanan ini," tutur Kang DS, sapaan akrabnya. 

Dengan perencanaan yang matang dan humanis, Kang DS optimistis Mobil Layanan Kelurahan jenis MPV (minibus) ini dapat menjadi sarana yang bermanfaat dan mendukung kesejahteraan masyarakat setempat.

Selain itu, dalam memperhitungkan aspek operasional mobil, Kang DS meminta agar pihak Kelurahan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku guna menjaga transparansi dan akuntabilitas. 

"Agar mobil layanan ini manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di 10 kelurahan, saya minta Kelurahan dapat berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat. Utamakan untuk kepentingan masyarakat," jelas Bupati Dadang Supriatna. 

Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung itu juga mengajak masyarakat di setiap Kelurahan untuk bersama-sama memelihara mobil layanan yang dibiayai APBD Kabupaten Bandung tersebut agar dapat terus dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Dadang Supriatna juga melakukan penyerahan santunan kematian program BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota Lembaga Kemasyarakatan yang meninggal dunia. 

Sementara itu, Lurah Sulaeman Kecamatan Margahayu yang juga Ketua Forum Lurah Kabupaten Bandung, Emita Susilayanti mengaku sangat berterima kasih kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna yang telah memberilan Mobil Layanan Kelurahan dan memberikan santunan kematian bagi warganya. 

"Insya Allah kami akan mempergunakan mobil layanan ini untuk kepentingan masyarakat. Mobil ini akan sangat bermanfaat bagi kami. Sekali lagi kami haturkan terima kasih kepada Pak Bupati," ujar Emita. 

Warga Kelurahan Andir Baleendah, Didi (46), juga menyambut antusias peluncuran mobil layanan bagi Kelurahan ini. Didi berharap Moyan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat terutama yang memerlukan mobil layanan. 

"Ini adalah langkah yang sangat positif dan bermanfaat buat masyarakat. Terima kasih Pak Bupati," ujar Didi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement