Kamis 19 Sep 2024 14:50 WIB

Indramayu Gelar Job Fair di Alun-alun Puspawangi, Ini Lowongan Kerja yang Disediakan

Job fair diikuti oleh 33 perusahaan dan tiga lembaga LPK

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Pencari kerja mengunjungi pameran bursa kerja (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pencari kerja mengunjungi pameran bursa kerja (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU-- Ribuan lowongan kerja disediakan dalam Indramayu Job Fair 2024. Kegiatan itu digelar di Alun-alun Puspawangi Kabupaten Indramayu. Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Indramayu, Asep Kurniawan, menjelaskan, Indramayu Job Fair 2024 berlangsung selama dua hari. Yakni, Rabu-Kamis, 18-19 Sepetember 2024.

‘’Job fair diikuti oleh 33 perusahaan dan tiga lembaga LPK, dengan komposisi total informasi lowongan kerja berjumlah 2.890 lowongan kerja,’’ ujar Asep, Kamis (19/9/2024).

Baca Juga

Tak sekedar informasi lowongan kerja, dalam kegiatan Indramayu Job fair 2024 juga tersedia stan Disnaker Kabupaten Indramayu, yang memberikan pelayanan pembuatan persyaratan ketenagakerjaan. Selain itu, ada juga talkshow dan mobil bursa kerja Kementerian Ketenagakerjaan yang memberikan informasi yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.

Asep berharap, kegiatan Indramayu Job Fair 2024 dapat mengurangi tingkat pengangguran. Tak hanya itu, bisa pula memberikan pengalaman interaksi kerja dengan perusahaan dan lembaga serta memberikan pengetahuan baru terhadap pencari kerja dan masyarakat secara langsung.

‘’Output dari kegiatan ini diharapkan adalah pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan dan atau dapat mengetahui informasi, baik trik dan tips untuk masuk ke dalam dunia kerja sehingga mereka dapat mempersiapkan sejak dini,’’ katanya.

Hal senada diungkapkan Plt Kepala Disnaker Kabupaten Indramayu, Nonon Citra Wulandari. Dia mengatakan, job fair dapat mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja dan penempatan kerja lebih banyak lagi.

Nonon mengakui, angka pengangguran di Kabupaten Indramayu masih tinggi. Hal itu dipengaruhi oleh jumlah perusahaan di Indramayu yang masih sedikit dan sulitnya pencari kerja mengakses informasi. ‘’Di sisi lain, perusahaan terkendala memenuhi tenaga kerja sesuai persyaratan yang dibutuhkan. Semoga kegiatan job fair 2024 ini menjadi salah satu solusi yang tepat dan segera, agar angka pengangguran dapat ditekan semaksimal mungkin,’’ papar Nonon.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement