Kamis 10 Oct 2024 14:30 WIB

Direktorat  Siber Polda Jabar Pantau Aktivitas Pilkada Serentak di Medsos

Dirres Siber akan memantau akun yang berpotensi menimbulkan perpecahan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham Abast
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham Abast

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Polda Jawa Barat (Jabar) resmi memiliki Direktorat Reserse Siber yang dipimpin oleh Direktur Dirressiber AKBP Resza Ramadianshah. Mereka akan memantau aktivitas di dunia siber termasuk saat perhelatan Pilkada serentak 2024.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, AKBP Resza Ramadianshah resmi memimpin Direktorat Reserse Siber Polda Jabar. Ia bersama tim akan melakukan pemantauan di dunia siber.

Baca Juga

"Tentu ini menjadi tugas yang mulai diemban hari ini oleh AKBP Resza selaku Dirres Siber Polda Jawa Barat. Tentu Dirres Siber baru akan bertugas melakukan pemantauan khususnya di dunia Siber," ujar Jules di acara serah terima jabatan dan pelantikan Wakapolda Jabar, Irwasda dan Dirlantas Polda Jabar, Kamis (10/10/2024).

Saat ini, kata Jules, pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 sedang berlangsung. Oleh karena itu, Dirres Siber akan memantau akun yang berpotensi menimbulkan perpecahan dan menganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Dirres Siber akan memantau akun yang berpotensi menimbulkan perpecahan menganggu stabilitas kamtibmas dan berita hoaks, ujaran kebencian dan kegiatan lain," katanya.

Selain terkait pilkada serentak, kata Jules, Direktorat Reserse Siber pun akan memantau praktik judi online. Pihaknya saat ini fokus dalam menjaga keamanan pelaksanaan pilkada serentak di Jabar.

Ia mengatakan terdapat empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar. Sembilan kota melaksanakan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan 18 kabupaten melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Jules menambahkan hari ini turut dilaksanakan serah terima jabatan dan pelantikan Wakapolda Jawa Barat dari Irjen Pol Bariza Sulfi ke Brigjen Pol Wibowo. Sedangkan jabatan Dirlantas Polda Jabar yang sebelumnya dipegang Brigjen Pol Wibowo kini dipegang Kombes Pol Ruminio Ardano. Selain itu, Irwasda Polda Jabar dari Brigjen Pol Kalingga kepada Kombes Pol Arinto Prastowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement