Selasa 02 Feb 2021 16:56 WIB

PPKM tak Efektif, Legislator: Harus Ekstra Kerja Keras

Sudah saatnya pemerintah fokus pada penanganan kesehatan dan lakukan karantina.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Heryawan
Foto:

Menurut Netty, salah satu bentuk kebijakan setengah hati adalah PSBB dan PPKM. Alih-alih bertujuan untuk membatasi mobilitas penduduk agar mata rantai penularan terputus, tapi kenyataannya kerumunan massa tetap terjadi di banyak titik. 

Ketua Tim Covid-19 FPKS DPR RI ini menunjukkan bukti bahwa kebijakan setengah hati membuat kasus makin melonjak dan ekonomi tetap tidak pulih. Sampai saat ini tercatat angka kasus sudah mencapai lebih dari 1 juta dengan positifity rate yang terus meningkat. 

"Angka pertumbuhan ekonomi pun masih terpuruk. Jadi, pemerintah bukan hanya melakukan evaluasi PPKM Jawa Bali, tetapi harus mengerahkan segenap upaya guna mencari formulasi kebijakan yang lebih efektif, yang memang cocok diterapkan di Indonesia," ungkapnya.  

Netty juga meminta, pemerintah agar belajar dari India yang tingkat testingnya sangat tinggi. India dinilai mampu melakukan testing hingga mencapai 197 juta orang, dilanjutkan dengan tracing dan treatment yang benar. "Jadi tidak heran kalau angka Covid-19 di sana terus turun," tuturnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement