Rabu 10 Feb 2021 17:40 WIB

25 Penyintas Covid dari Polresta Cirebon Donor Plasma

Penyintas Covid-19 dari Polrestas Cirebon masih menunggu hasil pemeriksaan darah.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus raharjo
Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menggelar donor plasma konvalesen di Gedung PMI DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2). (Ilustrasi)
Foto: Republika/Ali Mansur
Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menggelar donor plasma konvalesen di Gedung PMI DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON--Sebanyak 25 personel Polresta Cirebon yang menjadi penyintas Covid-19, akan melakukan donor plasma konvalesen. Polresta Cirebon menjadi yang pertama di jajaran Polda Jabar yang melaksanakan donor plasma darah secara kolektif, untuk membantu pengobatan pasien Covid-19.

Sebelum melakukan donor, para personel diambil sampel darahnya oleh PMI Kabupaten Cirebon, di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon, Rabu (10/2). Sampel darah tersebut kemudian diperiksa PMI Kabupaten Cirebon, untuk memastikan apakah para personel dapat mendonorkan plasma darahnya atau tidak.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, hasil pemeriksaan sampel darah dari 25 personel itu akan diketahui pada Kamis (11/2). "Mudah-mudahan semua personel bisa mendonorkan plasma darahnya, karena memang ada syarat-syarat tertentu untuk menjadi pendonor plasma,’’ kata Syahduddi, Rabu (10/2).

Syahduddi menyebutkan, persyaratan menjadi pendonor plasma, diantaranya kandungan antibodi harus kuat. Selain itu, dinyatakan sembuh minimal sejak tiga pekan lalu. Menurutnya, saat ini, kebutuhan plasma darah cukup tinggi. Sedangkan stoknya di PMI Kabupaten Cirebon sangat minim.

Kapolresta menegaskan, donor plasma darah dari personel Polresta Cirebon sangat dibutuhkan untuk pengobatan pasien Covid-19 di Kabupaten Cirebon. Menurut Syahduddi, dari hasil koordinasi dengan PMI Kabupaten Cirebon, setiap personel dapat mendonorkan plasma darah maksimal 600 cc. Namun, hal tersebut bergantung dari hasil pemeriksaan sampel darah dan kondisi kesehatan para personel.

"Jika hasil pemeriksaan sampel darahnya dinyatakan lolos, maka para personel akan menjalani donor plasma di PMI Kabupaten Cirebon," tegas Syahduddi.

Ia memastikan, 25 personel penyintas Covid-19 antusias mengikuti donor plasma darah. Apalagi, sebelumnya juga ada personel Polresta Cirebon yang telah menjalani donor plasma konvalesen dan tidak mengalami efek samping apapun.

"Alhamdulillah, mereka antusias karena ingin berkontribusi membantu pengobatan pasien Covid-19 kondisi berat. Donor plasma konvalesen ini juga tingkat keberhasilannya cukup tinggi,’" ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement