Sabtu 13 Feb 2021 13:51 WIB

Wapres: Banjir Subang Jangan Terus Berulang

Wapres berharap perbaikan jangka pendek hingga panjang dilakukan untuk cegah banjir

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Presiden Ma
Foto:

Ma'ruf juga mengingatkan, faktor yang turut menjadi penyebab banjir yakni kerusakan lingkungan. Karena itu, ia mengingatkan semua pihak untuk mengembalikan tata aturan alam semesta sedia kala. Sebab, jika tata aturan ini dilanggar akan berdampak pada kerusakan baik fisik dan nonfisik seperti saat ini. 

Ia berharap dengan melakukan berbagai upaya tersebut, banjir maupun bencana hidrologi tidak terjadi di masa mendatang.

"Mudah-mudahan tidak lagi banjir tahunan di Subang ini terus berulang-ulang, kalau berulang-ulang, artinya kita tidak cerdas, ada umpama bahas arab itu, jangan sampai orang mukmin itu terantuk tersengat di satu lubang dua kali, dua kali saja tidak boleh, apalagi berkali kali," kata Ma'ruf.

Dalam kunjungannya ke Subang, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan bantuan kepada pengungsi korban banjir Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/2). Bantuan diserahkan secara simbolis yang terdiri dari 1.500 paket sembako dari Presiden, bantuan dari BNPB yang terdiri dari 10.000 Rapid test, 300.000 Masker, 5.000 Sarung dan 1.000 Matras.

Selain itu,  Wapres menyerahkan bantuan 200 paket alat kebersihan dari Kementerian Sosial yang terdiri dari ember plastik, sapu lidi, payung, pel, sikat bertangkai, pel dorong bertangkai dan kain lap.

Selain Subang, Wapres juga menyambangi lokasi pengungsian di Kantor Desa Karangligar, Jalan Pertamina 2, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Di lokasi tersebut, Wapres juga akan menyerahkan bantuan secara simbolis dari BNPB dan pemerintah pusat kepada korban bencana banjir yang melanda Kabupaten Karawang dan sekitarnya di awal pekan ini.

Banjir yang melanda Subang dan Karawang menyebabkan puluhan ribu masyarakat mengungsi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan banjir di Subang, Jawa Barat tersebar di 21 kecamatan. Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang tercatat 42.084 kk dengan 129.535 jiwa terdampak banjir Subang yang terjadi sejak 7 Februari 2021.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement