Senin 15 Feb 2021 04:30 WIB

Ridwan Kamil Jadi Duta Pengasuhan Anak, Ini Alasannya

Ridwan Kamil diharapkan bisa memberikan motivasi terkait "foster care".

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto:

Emil pun mengaku akan secara masif mengampanyekan program kesejahteraan anak. Menurut Kanya, langkah Emil sejalan dengan kampanye yang dilakukan Kemensos, khususnya foster care. Ia menjelaskan, program foster care ini berupa pengasuhan anak selama satu tahun, dan bisa diperpanjang. “Foster care bisa membantu keluarga yang tidak mampu, miskin, maupun anak-anak yang tidak punya orang tua dan tidak ada siapa pun, yang tidak ada pengasuh,” kata Kanya.

Menurut Kanya, salah satu kendala foster care ini adalah sulitnya mencari calon orang tua asuh. Karenanya, ia pun mengajak masyarakat untuk terlibat dalam upaya membantu anak ini. “Kami dari Kemensos, dan Dinsos (Dinas Sosial) provinsi dan kabupaten/kota, akan membantu, termasuk dengan forum,” ujarnya.

 

Ketua Fornas LKSA-PSAA Yanto Mulya Pibiwanto berharap langkah menjadikan Emil sebagai Duta Pengasuhan Anak bisa memotivasi masyarakat lainnya untuk mengasuh anak. Terlebih, kata dia, ada sekitar 8.000 panti asuhan di Indonesia. “Anak itu harus tumbuh berkembang,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement