Jumat 04 Jun 2021 14:55 WIB

25 Ribu Lansia di Depok Sudah Ikuti Vaksin Pertama

Sasaran vaksin covid-19 lansia di Kota Depok 142.746 orang.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas medis menyuntikan vaksin kepada lansia secara drive thru di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Depok. ilustrasi
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Petugas medis menyuntikan vaksin kepada lansia secara drive thru di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Depok. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengungkapkan capaian vaksinasi covid-19 untuk lansia. Tercatat sudah sebanyak 25.725 orang ikuti vaksin pertama dan sudah sebanyak 22.588 orang ikuti vaksin kedua atau sudah selesai tahapan vaksin.

"Namun ada sebanyak 154 orang pada dosis pertama yang ditunda dan satu orang pada dosis kedua," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok Umi Zakiati di Balai Kota Depok, Jumat, (4/6).

Baca Juga

Menurut Umi, penundaan vaksinasi dilakukan jika peserta vaksin mengalami gangguan kesehatan, sehingga tidak memungkinkan diberikan suntikan. Selanjutnya, akan diberikan jika kondisi tubuh peserta sudah memungkinkan menerima vaksin covid-19.

"Untuk memaksimalkan pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia, dilakukan dengan cara jemput bola ke beberapa wilayah dengan capaian rendah. Selain itu, juga memberikan informasi secara optimal ke seluruh masyarakat, terutama lansia. Kami juga lakukan vaksinasi massal untuk lansia di beberapa kecamatan dan pelaksanaan," ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk sasaran vaksin covid-19 bagi lansia di Kota Depok secara keseluruhan sebanyak 142.746 orang. Untuk cakupan vaksinasi lansia per 27 Mei 2021 sebanyak 18,02 persen pada dosis pertama dan 15,52 persen pada dosis kedua. 

"Kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia akan terus dilakukan hingga mencapai jumlah sasaran atau target sebanyak 142.746 orang," pungkas Umi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement