Selasa 31 Aug 2021 09:13 WIB

Jabar Targetkan Kafilahnya Juara Umum STQ Nasional

Pelaksanaan STQH Tingkat Provinsi berjalan lancar meski di tengah pandemi Covid-19.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memukul beduk saat pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) XVII Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Pusdai, Kota Bandung, Rabu (25/8). Kegiatan tersebut bertajuk Dengan Spirit Qurani Jawa Barat Terdepan dalam Teloransi, Inovasi dan Kolaborasi. Berlangsung dari 25-30 Agustus 2021.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memukul beduk saat pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) XVII Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Pusdai, Kota Bandung, Rabu (25/8). Kegiatan tersebut bertajuk Dengan Spirit Qurani Jawa Barat Terdepan dalam Teloransi, Inovasi dan Kolaborasi. Berlangsung dari 25-30 Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menutup Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XVII Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2021 di Bale Asri Pusdai, Kota Bandung, Senin petang (30/8). 

Menurut Uu, pelaksanaan STQH Tingkat Provinsi berjalan lancar meski di tengah pandemi Covid-19. "Pelaksanaan STQH di masa pandemi merupakan momentum luar biasa," ujar Uu. 

Uu mengatakan, kafilah yang jadi pemenang dalam STQH XVII Jabar, selain mendapatkan apresiasi, juga akan menjadi wakil Jabar di STQ Nasional. Target Jabar di STQ Nasional yakni menjadi juara umum.

"Hasil kali ini akan menjadi bahan evaluasi untuk mengikuti STQ Tingkat Nasional. Para peserta akan ada pembimbingan agar lebih siap berlaga di Tingkat Nasional," katanya. 

 

"Dengan harapan bisa membawa harum nama Jabar di Tingkat Nasional, yaitu Juara 1. Sudah 11 tahun kita tidak mendapatkan predikat terbaik. Kemarin Alhamdulillah kita menduduki Juara Ketiga di Tingkat Nasional. Wajar kalau hari ini, Jabar ingin jadi juara nasional," imbuhnya.

Kabupaten Tasikmalaya keluar sebagai Juara Umum STQH Tingkat Provinsi Jabar. Juara Kedua adalah Kota Bandung. Lalu, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bekasi menjadi Juara Ketiga. 

Uu pun mengapresiasi para pemenang yang akan menjadi wakil Jabar di STQ Tingkat Nasional. "Atas nama pemerintah Daerah Provinsi Jabar, kami mengucapkan selamat kepada para pemenang baik pribadi dan juara umum," katanya. 

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial, Setda Provinsi Jabar Dewi Sartika mengatakan, pelaksanaan STQH Tingkat Provinsi Jabar menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

"Seleksi STQH dilaksankan mulai tanggal 25- 30 Agustus tahun 2021 dengan tempat dilaksanakan di Pusdai dan Hotel Mercure Bandung," kata Dewi. 

Menurutnya, dari empat cabang dan 10 golongan yang dimusabaqahkan di STQH ini diikuti oleh 540 peserta, dan berdasarkan dari hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan berjalan lancar sesuai dengan harapan. "Juga selamat kepada para pemenang yang sudah dipilih oleh juri secara profesional," katanya. 

Dewi mengatakan, peserta yang memperoleh predikat juara akan mengikuti pembinaan sebagai kafilah Provinsi Jabar untuk berlaga di STQ Tingkat Nasional XXVI yang akan dilaksanakan di Provinsi Maluku Utara pada 16- 25 Oktober 2021. 

"Tentu saja kami mohon doa dari semua, semoga kafilah Jabar terbaik di tingkat nasional," katanya. 

"Atas nama panitia, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang melaksanakan STQH, juga kepada Satgas COVID-19 Jabar dan Kota Bandung atas kerja sama dan upaya yang telah dilakukan terkait kepatuhan terhadap prokes, kerja sama terbina dan berjalan terus serta mendapat ridho Allah SWT," imbuhnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement