Jumat 10 Sep 2021 16:11 WIB

Pemda Garut Siapkan Hotel untuk Tempat Isolasi

Tempat isoter di wilayah selatan Kabupaten Garut sangat penting.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pemda Garut Siapkan Hotel untuk Tempat Isolasi (ilustrasi).
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Pemda Garut Siapkan Hotel untuk Tempat Isolasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut sedang mempersiapkan lokasi isolasi terpadu (isoter) di wilayah selatan daerah itu. Sebab, saat ini tempat isoter hanya berada di wilayah sekitar pusat perkotaan Kabupaten Garut. 

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, pihaknya akan menjadikan salah satu hotel di Rancabuaya, Kecamatan Caringin, sebagai tempat isoter. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat terkait rencana itu. 

"Pak Gubernur itu bisa mengeluarkan uang untuk penyewaan hotel tempat isoter," kata dia melalui keterangan resmi, Jumat (10/9).

Karena itu, ia menginstruksikan Camat Caringin untuk mencari hotel yang murah untuk dijadikan tempat isoter. Namun, kondisi hotelnya harus tetap representatif untuk dijadikan tempat Isoter. 

"Yang Rancabuaya nanti kita lakukan (pengecekan), nanti itu diatur tugasnya langsung dilaksanakan oleh Pak Sekda," kata dia.

Rudy menilai, tempat isoter di wilayah selatan Kabupaten Garut sangat penting. Hal itu sesuai dengan instruksi Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, untuk menarik pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri (Isoman) ke lokasi isoter. 

Sementara itu, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, salah satu upaya untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan mengurangi pasien yang isoman. Menurut dia, pasien isoman idealnya juga harus didukung dengan fasilitas dan pengetahuan terkait penanganan Covid-19 yang memadai. 

"Jadi untuk masyarakat ini dikhawatirkan tidak punya fasilitas, sehingga penanggulannya itu tidak sesuai dengan yang diharapkan. Karena itu kita cari tempat yang baik, tempat yang kira-kira masyarakat senang di situ," ujar dia.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan survei di wilayah selatan Kabupaten Garut bagian. Menurut dia, kemungkinan tempat yang nyaman untuk pasien adalah hotel.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut hingga Kamis (9/9) total kasus positif Covid-19 berjumlah 24.571 kasus. Sebanyak 100 orang menjalani isolasi mandiri, 29 menjalani isolasi di rumah sakit, 23.278 orang sembuh, dan 1.164 orang meninggal dunia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement