Sabtu 06 Nov 2021 01:46 WIB

Pangdam Siliwangi Serahkan 40 Unit Motor Pengangkut Sampah

Sampah merupakan salah satu permasalahan di Indonesia.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pangdam Siliwangi Serahkan 40 Unit Motor Pengangkut Sampah. Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto.
Foto: Pendam Siliwangi
Pangdam Siliwangi Serahkan 40 Unit Motor Pengangkut Sampah. Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto,  menyerahkan 40 unit sepeda motor pengangkut sampah kepada 23 Komandan Sektor (Dansektor) Satgas Citarum Harum. Sepeda motor  tersebut sebagai salah satu sarana penunjang mengangkut sampah menjelang musim penghujan. Penyerahan sepeda motor dilakukan di Taman Pule Makodam III Siliwangi Jalan Aceh Jum’at (5/11).

Hadir pada acara tersebut Kasdam III, Irdam, Kapok Sahli, Danrindam, Asrendam, para Asisten Kasdam, para Dansat/Kabalak Jajaran Kodam III, serta para Dansektor Satgas Citarum Harum.“Sampah merupakan salah satu permasalahan di Indonesia. Di Karawang sungai bagus tetapi sampahnya tidak karuan, saya berpikir harus bagaimana supaya masyarakat merasa malu membuang sampah sembarangan,” kata Pangdam.

Pangdam memerintahkan para Dansektor aktif memberitahu para kepala desa dan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Para Dansektor agar berinovatif untuk memecahkan bagaimana sampah-sampah dapat diatasi, bagaimana sungainya jadi bersih, dan bagaimana pemanfaatannya, bisa dibuat untuk rekreasi, penghijauan ataupun kegiatan kesejahteraan masyarakat, ‘’ ujar dia.

Pangdam menekankan kepada para Dansektor untuk memelihara dan merawat kendaraan motor pengangkut sampah tersebut dengan baik. Tujuannya agar kendaraan tersebut selalu dalam keadaan siap operasional dengan masa pakai yang cukup panjang. ‘’Bekerjalah dengan niat ibadah dan dilandasi dengan hati yang ikhlas,” kata dia berpesan.

 

Kapendam III Siliwangi, Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto usai acara mengatakan, sampah yang menumpuk merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam upaya pemulihan daerah aliran sungai (DAS) Citarum. Terlebih lagi saat memasuki musim penghujan seperti saat ini. Dengan hadirnya motor pengangkut sampah ini, diharapkan bisa membantu mobilitas pada setiap Sektor Citarum Harum dalam mengatasi masalah sampah dari lokasi Sektor menuju tempat pembuangan sampah (TPS) sementara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement