Kamis 02 Dec 2021 16:27 WIB

Parpol Mana Bakal Menampung Ridwan Kamil?

Partai politik mengaku membuka diri jika Ridwan Kamil ingin bergabung.

Rep: Wahyu Suryana, Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan siap masuk partai politik pada tahun depan.
Foto:

Terkait calon presiden (capres), Doli menegaskan Partai Golkar tetap akan mendorong Airlangga Hartarto. Keputusan tersebut dinilai sudah tidak bisa ditawar lagi. "Hari ini sampai sekarang Golkar sudah memutuskan dan tidak ada perubahan bahwa calon presiden Pak Airlangga," kata dia.

Namun untuk posisi wakil presiden, Doli mengatakan hal tersebut masih harus akan dibicarakan dengan koalisi. Namun saat ini Partai Golkar terbuka dengan siapa saja, termasuk Ridwan Kamil. "Siapa saja, kita nggak membatasi. Yang merasa disebut atau ingin disebut sebagai capres cawapres, kami dalam posisi sedang membangun komunikasi dengan semuanya dan juga termasuk parpol dalam membangun koalisi, kami sedang komunikasi dengan semua parpol," ungkapnya.

Di lain pihak, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, juga ikut merespons pernyataan Ridwan Kamil, yang tengah mempertimbangkan bergabung ke partai politik. Eddy mengeklaim PAN memiliki kesamaan visi dan misi dengan Ridwan Kamil. Terlebih, beberapa waktu lalu, sempat terjadi pertemuan antara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Emil di Bandung, Jawa Barat.

"Kita dari awal memang sudah menjalin komunikasi yang baik dengan Pak Ridwan Kamil. Bahkan kita memiliki beberapa pandangan dan visi yang sama khususnya dalam rangka pembangunan Jawa Barat dan bagaimana kita mengakselerasi pembangunan di Indonesia secara keseluruhan bagaimana kita menghadapi covid19," kata Eddy kepada RepJabar, Kamis (2/12).

Sebagai partai yang terbuka, Eddy menyebut PAN akan sangat senang jika tokoh-tokoh nasional bergabung ke PAN. Eddy juga mengaku PAN akan senang jika Ridwan Kamil mau sama berjuang dengan PAN untuk berbuat yang terbaik untuk negeri ini. "Kami berharap komunikasi diantara kita dan Ridwan Kamil akan terjalin terus," ujarnya.

Sementara, parpol yang selama ini menjadi pendukung utama Ridwan Kamil di Jabar adalah Nasdem. Bukan hanya soal pilgub Jabar, Nasdem juga yang memunculkan nama Ridwan Kamil sebagai salah satu tokoh potensial yang bisa diusung pada Pilpres 2024.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa mengatakan partainya juga siap menerima Ridwan Kamil. "Jadi kalau Kang Emil mau gabung ya kita dengan terbuka siap menerima Kang Emil," kata Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12).

Wakil Ketua Komisi II DPR itu mengatakan Partai Nasdem memiliki hubungan yang relatif baik dengan Kang Emil. Terlebih hubungan yang baik terjalin sejak Kang Emil maju sebagai Gubernur Jawa Barat. "Kang Emil pasti merasakan itu karena sejak pencalonan Kang Emil gubernur itu jauh-jauh hari, jadi secara kedekatan, baik emosi maupun dalam kemitraan dengan Nasdem sebagai gubernur sudah berjalan dengan baik," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement