Jumat 07 Jan 2022 19:45 WIB

Tim Pemadam Evakuasi Ular King Koros yang Agresif dari Rumah Warga di Cibinong

Ular sempat melarikan diri dua kali dari tangkapan tim evakuasi.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ilham Tirta
Petugas melakukan evakuasi seekor ular (ilustrasi).
Foto: Antara/Risky Andrianto
Petugas melakukan evakuasi seekor ular (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tim rescue pemadam kebakaran berhasil mengevakuasi seekor ular jenis king koros atau ptyas carinata sepanjang sekitar 1,5 meter dari rumah warga di Perumahan Wartawangsa, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Ular tersebut ditemukan warga ketika menyeberang dari satu rumah ke rumah lain.

Komandan Regu 1 pada Pemadam Kebakaran Bogor, Arman Riyanto mengatakan, pihaknya menerima laporan keberadaan ular sekitar pukul 13.30 WIB dari petugas kemanana perumahan. “Kaminpun langsung bergerak menuju lokasi. Ketika tiba, ular masih berada di pojokan sebuah rumah. Dengan menggunakan alat pengaman, Alhamdulillah cepat ditangkap,” ujar Arman, Jumat (7/1).

Baca Juga

Arman menjelaskan, ular king koros ini tidak berbisa, namun gigitannya cukup membahayakan. Apalagi, ular yang dievakuasi ini sifatnya cukup agresif. Sehingga dalam evakuasi kali ini ular sempat kabur dua kali dalam gerakan yang cepat.

Sebelum tiba di lokasi, ia juga sudah mengingatkan petugas keamanan dan warga sekitar agar tidak melakukan tindakan apapun. Supaya ular tidak pergi ke mana-mana.

“Seperti biasa usai dievakuasi ular ini kami tampung di Mako Pemadam Kebakaran untuk menunggu komunitas reptil agar dirilis atau dilepasliarkan di alamnya kembali,” jelas Arman.

Sang pemilik rumah, Suprianti, melihat ular tersebut bersembunyi di pepohonan samping rumahnya. Sebelumnya ular tersebut terlihat melintas dari rumah tetangganya di seberang, hingga akhirnya tiba di rumahnya.

“Saya langsung lapor ke petugas keamanan, baru dihubungin ke pemadam kebakaran. Terima kasih banget, cepat berangkatnya ke sini,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement