Senin 24 Jan 2022 07:43 WIB

Kala Murid SDN Ciloma Sukabumi Terbebas Ancaman Buaya Sungai Cikaso

Habitat buaya Sungai Cikaso juga menjadi ancaman tersendiri bagi murid-murid sekolah.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Sungai Cikaso, Kabupaten Sukabumi meluap saat banjir akibat intensitas hujan yang tinggi. Sungai ini juga menyimpan ancaman diterkam buaya bagi siswa-siswa yang hendak berangkat sekolah di SD Ciloma..
Foto:

Menurut Irvan, JQR segera merespons setelah menerima laporan dari masyarakat dengan melaksanakan proses survey. Memastikan kebenaran informasi sekaligus menggali data kebutuhan di lokasi. Dari hasil survey itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan JQR untuk memberikan bantuan perahu antar jemput untuk para murid di SDN Ciloma.

Berkat kolaborasi antara JQR dan WeCare.id, murid dan guru SDN Ciloma tidak lama lagi akan memiliki perahu. Menurut Irvan, perahu tersebut telah dalam proses akhir pengerjaan. Model perahu yang akan diberikan adalah perahu dengan menggunakan mesin.

“Tim Jabar Quick Response mengunjungi tempat pembuatan perahu, kurang lebih hampir 80 persen rampung,” katanya. 

Irvan mengatakan, masyarakat di sekitar SDN Ciloma mayoritas berprofesi petani, dan sebagian penyadap gula merah. Diwaktu tertentu, masyarakat memanfaatkan sumber daya Sungai Cikaso untuk menangkap ikan, udang, dan impun. Biota sungai itu untuk dikonsumsi dan sebagian di jual untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala Sekolah SDN Ciloma Usef Ruswanda mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan perahu tersebut. Sekolah tempat dirinya mengabdi tersebut, dibangun pada 1984. SDN Ciloma menampung siswa dari Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud dan Desa Cibitung. 

Dengan segala keterbatasan, kata dia, dirinya bersama 3 guru honorer tetap menjaga semangat untuk mengajar. Setiap hari, dirinya juga menggunakan perahu untuk menuju sekolah dari kediamannya.

 

“Sekitar 40 menit sampai sejam perjalanan, bolak balik setiap hari,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement