Selasa 08 Feb 2022 07:10 WIB

Terpilih Aklamasi, Bima Arya Pimpin Asosiasi Lari Trail Indonesia

ALTI sangat challenging dan sangat beririsan dengan banyak sekali faktor. 

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto terpilih secara aklamasi pimpin ALTI.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto terpilih secara aklamasi pimpin ALTI.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) dalam Musyaearah Nasional dan Raker Pengurus Pusat ALTI. Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPR RI, Muhammad Farhan, juga turut dilantik sebagai Ketua Harian ALTI beserta pengurus pusat ALTI lainnya masa bakti 2021-2025.

“Insya Allah saya dan Kang Farhan akan berbagi tugas ke depan untuk mengembabgkan ALTI bersama-sama. Bagi saya hal yang baru, tetapi belajar cepat, diskusi dengan aktivis lari trail, ternyata bukan hanya menarik, bukan hanya menjanjikan tapi lari trail ini bisa menjadi olahraga yang happening di Indonesia,” kata Bima Arya, Senin (7/2).

Menurut Bima Arya, ALTI lebih dari sekedar lari karena berhubungan langsung dengan alam. Seperti gunung, kebun, pantai, sawah, sungai, dan lainnya yang menjadi daya tarik utama.

“Ini sangat menarik, sangat challenging dan sangat beririsan dengan banyak sekali faktor. Beririsan dengan tourism, lingkungan hidup. Kita bisa ada di depan untuk ikut SDGs, untuk berkampanye tentang lingkungan. Ini lebih dari sekedar lari,” ucapnya.

Sementara Anggota DPR RI Muhammad Farhan mengatakan, ALTI memiliki karakter dan dinamika yang sangat kuat untuk bisa berkiprah di level nasional dan internasional. Selain karena Indonesia memiliki alam yang luar biasa, ALTI juga memiliki pelari yang luar biasa.

Dia berharap, ALTI yang akan dipimpinnya bersama Bima Arya ke depan bisa membawa prestasi. “Tidak hanya prestasi untuk masuk KONI, KOI, KORMI, tapi juga menjadi salah satu olahraga yang dipilih sebagai olahraga arus utama oleh masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), Hayono Isman, menyambut baik hasil Musyawarah Nasional ALTI. “Di bawah kepemimpinan pengurus yang baru, harapan saya selaku ketua umum KORMI tentu ALTI menjadi kekuatan karena kita punya Indonesia Bugar 2045. Jadi ALTI saya harap berkontribusi,” ujar Isman.

ALTI yang saat ini sudah memiliki 12 pengurus provinsi, lanjut Isman, sudah memenuhi syarat menjadi anggota penuh KORMI sehingga bisa mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) 2022 bersama 76 induk-induk olahraga yang lain.

“Jadi nanti ALTI berhimpun di KORMI, ALTI akan masuk komisi olahraga petualangan dan tantangan. Kita ada tiga komisi, komisi olahraga tradisional dan kreasi budaya, komisi kesehatan dan kebugaran dan komisi olahraga petualangan dan tantangan. Mudah-mudahan kita bisa membuat FORNAS 2022 menjadi kegiatan yang hebat,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement