Rabu 04 May 2022 13:55 WIB

Arus Balik Meningkat, Daop 3 Cirebon Operasikan KA Tambahan

Hari ini, jumlah penumpang KA mulai mengalami peningkatan secara signifikan. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
PT KAI Daop 3 Cirebon kembali mengoperasikan KA Argo Cheribon relasi Tegal – Cirebon – Gambir/pp
Foto: Humas KAI Daop 3 Cirebon
PT KAI Daop 3 Cirebon kembali mengoperasikan KA Argo Cheribon relasi Tegal – Cirebon – Gambir/pp

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Dua hari setelah Lebaran Idul Fitri 1443 H, arus balik di stasiun kereta api di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon mulai meningkat, Rabu (4/5). PT KAI Daop 3 Cirebon pun mengoperasikan KA tambahan untuk melayani para penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, menjelaskan, pada hari ini, kondisi penumpang naik/keberangkatan, mulai mengalami peningkatan secara signifikan. "Jumlah penumpang yang naik pada hari ini mencapai 6.974 orang," ujar Suprapto, Rabu (4/5).

Suprapto mengatakan, puncak penumpang yang naik di wilayah KAI Daop 3 Cirebon akan terjadi pada esok hari, Kamis (5/5). Dengan jumlah penumpang mencapai  7.658 orang.

Sedangkan jumlah penumpang yang turun/kedatangan, lanjut Suprapto, mulai menurun dibandingkan pada masa sebelum Lebaran. Dia menyebutkan, jumlah penumpang yang turun pada hari ini mencapai 5.701 orang.

"Puncak kedatangan telah terjadi pada Sabtu, 30 April 2022, dengan jumlah 7.577 penumpang," ujar dia.

Suprapto mengungkapkan, guna menghadapi masa arus balik, PT KAI Daop 3 Cirebon telah mengoperasikan KA tambahan. Yakni, enam KA menuju Jakarta (Argo Cheribon) dan dua KA menuju Bandung (KA Harina serta KA Ciremai).

Dengan demikian, maka total perjalanan KA yang beroperasi pada masa arus balik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon ada 115 KA. Yakni, terdiri dari pemberangkatan awal dari Daop 3 Cirebon ada sepuluh KA dan 105 KA yang melintas di Daop 3 Cirebon.

Adapun perjalanan KA yang pemberangkatan awal dari PT KAI Daop 3 Cirebon adalah enam KA Argo Cheribon (Tegal/Cirebon - Gambir/pp), tiga KA Kaligung (Cirebon Prujakan / Brebes - Semarang Poncol/pp) dan satu KA Ranggajati (Cirebon - Purwokerto - Jogyakarta - Madiun - Surabaya - Jember/pp). 

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement