Jumat 27 May 2022 13:41 WIB

Emak-Emak di Sumedang Dorong Desa Wisata Jatigede Berkembang

Salah satu upaya yang dilakukan dengan pelatihan budidaya tambak ikan di Jatigede.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Foto aerial suasana Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Foto aerial suasana Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Emak-emak yang tergabung pada relawan jaringan wanita nusantara (Jawara) di Kabupaten Sumedang terus mendorong agar usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) naik kelas dan desa wisata berkembang. Salah satu upaya yang dilakukan dengan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede.

Ketua Jawara Sandi Uno, Tuti Hartati Misbach, mengatakan, pelatihan bertujuan membantu ekonomi masyarakat di daerah melalui kewirausahaan. Sekaligus memperluas budidaya tambak ikan di Sumedang.

"Jangka pendek akan memperluas budidaya tambak ikan serta akan memajukan perekonomian masyarakat Sumedang dengan mengembangkan desa wisata," ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat (27/5/2022).

Dia mengatakan, pelatihan budidaya ikan diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga, dapat membantu ekonomi masyarakat di daerah.

 

Selain itu pihaknya mendukung Sandiaga Uno untuk maju pada pemilihan presiden (pilpres) tahun 2024. Pria yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini dikenal sebagai sosok yang cerdas dan ramah.

"Masyarakat di sini sangat antusias dalam mendukung bapak Sandiaga Uno maju di pilpres 2024," ujarnya.

Salah satu pelaku UMKM Nani berharap perekonomian Desa Tarjunajaya membaik termasuk di Waduk Jatigede melalui berbagai pelatihan. Dia berharap, Sandiaga Uno pun dapat memajukan Kota Sumedang.

"Kami berharap bapak Sandiaga Uno lebih memajukan kota Sumedang terlebih-lebih dari pariwisata Waduk Jatigede," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement