Senin 17 Oct 2022 01:30 WIB

Nasi Liwet Spesial Aa Gym untuk Erick Thohir

Mengambil makanan harus secukupnya agar tidak ada yang terbuang.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Agus Yulianto
Nasi liwet (ilustrasi)
Foto: Flickr
Nasi liwet (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN (BUMN) Erick Thohir mendapat jamuan istimewa saat berkunjung ke Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Bandung, Jumat (14/10/2022). Ustaz Abdullah Gymnastiar atau dikenal dengan sapaan Aa Gym menghidangkan nasi liwet spesial untuk mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Aa Gym dan Erick memiliki pandangan yang sama tentang makanan. Aa Gym mengatakan, mengambil makanan harus secukupnya agar tidak ada yang terbuang. Dalam Islam, ucap Aa Gym, makan berlebihan dan terbuang akan menjadi mubadzir.

 

photo
KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menerima silaturahim Menteri BUMN, Erick Thohir di Ponpes Daarut Tauhid, Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/10/2022). - (Dok Erick Thohir)

 

 

"Sesungguhnya orang yang mubadzir ini saudaranya setan," ujar Aa Gym.

Erick pun sependapat dengan Aa Gym. Erick menilai, masalah kelaparan tak hanya terkait dengan suplai. Menurut Erick, makanan yang diproduksi sebenarnya untuk memberi setiap orang di bumi.

"Kita bisa ikut memperjuangkan ketahanan pangan Indonesia. Mari mulai dari hal kecil seperti mengambil makanan secukupnya untuk menghindari sampah makanan,"

Erick menyampaikan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sampah makanan paling banyak di dunia. Erick menilai, hal ini harus menjadi perhatian bersama, termasuk mengubah pola pikir agar mengambil makanan sesuai dengan yang dibutuhkan.

"(Sampah makanan) itu kalau dikumpulkan setahun bisa setinggi 14 kali monas," kata Erick.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement