Ahad 30 Oct 2022 21:26 WIB

Wabup Sumedang Intruksikan Camat dan Kades Antisipasi Bencana Longsor

Pemkab Sumedang sudah jauh-jauh hari memperingatkan kepada para camat dan kepala desa

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Wabup Sumedang Intruksikan Camat dan Kades Antisipasi Bencana Longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Ampelsa
Wabup Sumedang Intruksikan Camat dan Kades Antisipasi Bencana Longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengungkapkan Kabupaten Sumedang masuk kategori rawan longsor. Oleh karena itu pihaknya sudah mengingatkan kepala desa dan camat untuk melakukan antisipasi.

"Seperti kita ketahui bersama Sumedang ini rawan akan bencana longsor, oleh karena itu kami Pemkab Sumedang sudah jauh-jauh hari memperingatkan kepada para camat dan kepala desa untuk mengantisipasi bencana longsor," ujarnya saat dikonfirmasi, Ahad (30/10/2022).

Baca Juga

Ia mengungkapkan pihaknya meminta agar kepala desa dan camat melakukan mitigasi bencana lokasi rawan longsor di Sumedang. Pihaknya mengatakan musibah bencana tidak dapat dihindari namun minimal dapat meminimalisasi risiko agar tidak ada korban.

"Yang namanya bencana kan tidak bisa kita hindari tapi minimal bisa kita minimalisasi agar tidak ada terjadi korban," katanya.

 

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat melaporkan korban yang terdampak longsor batu di Jalan Cadas Pangeran, Sumedang, Sabtu (29/10/2022) sore berjumlah delapan orang. Beberapa diantaranya mengalami luka berat dan sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Dua orang mengalami luka berat dibawa ke IGD RSUD Sumedang, lima orang mengalami luka ringan, satu orang dibawa ke PKM Haurgombong karena luka

di bagian kepala," ujar Kepala Pusdalops BPBD Jabar Hadi Rahmat saat dikonfirmasi, Sabtu (29/10/2022).

Ia melanjutkan satu orang lainnya selamat dari longsor. Hadi mengatakan peristiwa tebing longsor batu terjadi Sabtu (29/10/2022) sore menyebabkan akses jalan tertutup sebagian sehingga dilakukan buka tutup jalan dan menimpa dua mobil rusak parah. "Tinggi longsoran  kurang lebih 50 meter, lebar tiga hingga lima meter," katanya.

Pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sumedang dan melakukan assesment. Serta berkoordinasi dengan dinas instansi terkait untuk kebutuhan alat berat.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement