Jumat 04 Nov 2022 16:53 WIB

Banjir Penuh Sampah Landa Cikaret Bogor

Kantong-kantong sampah berasal dari TPS warga sekitar yang belum sempat terangkut.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Warga secara bergotong-royong membersihkan sampah di daerah aliran sungai (Jampedas). (Ilustrasi)
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Warga secara bergotong-royong membersihkan sampah di daerah aliran sungai (Jampedas). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kawasan Gang Kosasih, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor sempat dilanda banjir yang membawa tumpukan sampah pada Kamis (3/11/2022) malam. Hal tersebut terjadi lantaran sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) warga belum terangkut.

Peristiwa tersebut pun terekam dalam video dan viral di media sosial Twitter @txtdaribogor. Dalam video yang viral, tampak banjir menggenangi Gang Kosasih setinggi lutut orang dewasa. Bukan hanya air, dalam banjir tersebut juga banyak kantong-kantong plastik berisi sampah yang ikut mengambang.

Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh, mengatakan, saat kejadian curah hujan di kawasan tersebut memang cukup tinggi. Sehingga, selokan meluap dari hulu dan menggenangi jalan, bahkan sampah juga ikut terurai.

Dia menyebut, kantong-kantong sampah itu berasal dari TPS warga sekitar yang belum sempat terangkut. Sampah-sampah itu memang tersimpan semetara karena belum memiliki TPS yang permanen.

"Kemungkinan belum terangkut karena hujan, tapi sekarang sudah dibersihkan oleh warga dan banjir sudah surut, dan tim tangkas dari DLH akan mengangkut sampah-sampahnya," ujarnya, Jumat (4/11/2022).

Atas kejadian ini, Hidayatulloh segera mencarikan solusi untuk membuat TPS permanen. Dia pun mengimbau, kepada lurah dan warga agar melalukan pembersihan saluran air agar tidak lagi ada penyumbatan ketika hujan turun.

"Ini kita sedang mencari lahan yang tepat (untuk TPS permanen). Sementara kita himbau Lurah dan warga untuk melakukan bersih-bersih," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement