Jumat 11 Nov 2022 20:00 WIB

Cadisdik Wilayah XII Jabar Gelar Event Kembalikan Kreativitas Siswa

Galaxii Fest menggabungkan kompetensi perhelatan seni dan olah raga.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gelaran multi event bernama GALAXII Fest digelar untuk menghidupkan kembali kreativitas siswa.
Foto: Istimewa
Gelaran multi event bernama GALAXII Fest digelar untuk menghidupkan kembali kreativitas siswa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tiga tahun Covid-19 menerpa Indonesia menyumbat kreativitas dan prestasi siswa di berbagai bidang. Pasalnya, semua pergerakan yang berhubungan dengan mengumpulkan massa dibatasi, termasuk dalam kegiatan belajar mengajar. 

Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah XII Jabar, Abur Mustikawanto, Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XII Jawa Barat merasa perlu mengembalikan semangat kreativitas dan prestasi siswa seiring mulai membaiknya kondisi pandemi Covid 19.

Abur menjelaskan, pihaknya memiliki strategi untuk mengembalikan kreativitas dan semangat siswa. Salah satunya melalui Gelaran multi event bernama GALAXII Fest yang telah digelar pada 26-27 Oktober 2022 lalu.

Kegiatan ini, kata dia, menggabungkan kompetisi perhelatan seni dan olah raga tersebut digelar sebagai upaya Cadisdik Wilayah XII Jabar untuk mewadahi siswa bertalenta, khususnya yang duduk di bangku SMA, SMK dan SLB.

Karena, kata dia, melalui ajang tersebut, dapat merangsang kembali kreativitas siswa dan semangat olahraga hingga berkesenian setelah mereka terkungkung oleh pandemi yang membatasi semua kegiatan.

“Saya berpikir bahwa untuk mengembalikan semangat siswa harus diberikan ruang kreativitas dan kompetisi salah satunya dengan GALAXII Fest,” ujar Abur, Jumat (11/11).

GALAXII Fest ini, kata dia, diperlombakan dua pentas seni yaitu tari dan band kemudian dua kompetisi olahraga yaitu Bola Volly dan Bola Basket untuk SMA/SMK sementara untuk SLB Bounce. 

Menurut Abur, dua kompetisi seni dan olahraga ini merupakan yang paling banyak diminati siswa di kota/kabupaten Tasikmalaya. 

“Terbukti antusias sekolah juga siswa baik SMA/SMK maupun SLB sangat tinggi dengan keterlibatan sekitar 1.000 siswa dari 305 sekolah,” katanya.

Abur mengatakan, yang penting dalam GALAXII Fest adalah silaturahmi, bukan soal mencari siapa paling baik dan yang menjadi juara. Dengan silaturahmi maka antara siswa dengan sekolah yang berbeda bisa saling mengenal. 

“Selama Covid-19 tidak ada interaksi antar siswa baik yang satu sekolah atau bahkan berbeda sekolah, saat ini momentum silaturahmi yang nantinya antar sekolah bisa saling bertukar pikiran,” katanya.

Tujuan KCD XII menggelar GALAXII Fest ini, kata dia, adalah menggali potensi siswa baik dari akademi, seni dan olahraga. Terlebih siswa yang berasal dari Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya ini dikenal memiliki prestasi yang baik mulai di tingkat provinsi, nasional maupun internasional. 

“Ini siswa kan sudah memiliki potensi, jika diibaratkan mutiara, mutiara didiamkan saja akan lapuk makan harus digosok lagi agar kembali memancarkan sinarnya,” kata Abur.

Bukan hanya itu, kata dia, GALAXII Fest ini adalah satu momentum kesiapan dunia pendidikan menutup pandemi Covid-19 menuju Endemi. Sehingga semua bisa mulai bergerak mengembalikan semangat memajukan dunia pendidikan. 

“Banyak diketahui dengan pembelajaran Daring kemarin memang tidak maksimal sekarang siswa sudah kembali lagi ke sekolah, ayo kita tutup pandemi mari kita semangat meningkatkan memajukan pendidikan dengan prestasi,” paparnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi, GALAXII Fest ini adalah inovasi yang sangat baik dilakukan oleh Cabang Dinas Pendidikan. Karena, mengajak dan melibatkan seluruh siswa dan sekolah secara langsung untuk berkreasi mengeluarkan potensinya.

“Saya mengapresiasi langkah dari Cabang Dinas Pendidikan XII karena gelaran pontesi siswa lebih terarah dan terukur,” katanya.

Bahkan, kata dia, hal serupa bisa dilakukan di semua Cabang Dinas Pendidik di Jawa Barat yang kemudian siswa-siswa terbaik ini dilombakan lagi ditingkat provinsi. "Disdik Jabar secara rutin menggelar kegiatan yang berhubungan dengan meningkatkan kreativitas anak didik sesuai dengan potensinya," katanya.

Menurut Dedi, menyambut Indonesia emas yang digadang-gadang akan terjadi pada 2045 mendatang, maka pembentukan SDM yang unggul dari segala bidang harus dilakukan sejak sekarang. 

“Dengan menggali potensi seperti ini maka sangat akan membantu pada pembentukan calon penerus bangsa harus unggul di segala bidang,” katanya. 

GALAXII Fest ini akan menjadi agenda tahunan dari Cadisdik Wilayah XII Jabar untuk sementara ini hanya beberapa olahraga dan seni yang diperlombakan namun tahun depan akan digelar lebih besar lagi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement