Jumat 02 Dec 2022 14:42 WIB

ARS University Tingkatkan Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen Lewat Penelitian

ARS University memberikan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat menjadi peneliti.

ARS University memberikan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat menjadi peneliti, merdeka belajar dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di Lembaga Riset atau Laboratorium Riset.
Foto: Istimewa
ARS University memberikan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat menjadi peneliti, merdeka belajar dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di Lembaga Riset atau Laboratorium Riset.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penelitian merupakan salah implementasi program (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Menurut Wakil Rektor Kerja Sama dan inovasi ARS University Dr Wiseto P Agung, melalui program MBKM setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempelajari berbagai keilmuan. Terutama yang berada diluar program studinya baik di dalam kampus atau diperguruan tinggi berbeda. 

"Salah satu impementasi dari program MBKM adalah bidang penelitian. Oleh karena itu, ARS University memberikan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat menjadi peneliti, merdeka belajar dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di Lembaga Riset atau Laboratorium Riset," ujar Wiseto, dalam siaran persnya, Jumat (2/12).

Kegiatan MBKM penelitian, kata dia, memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di perkuliahan sehingga mahasiswa akan memiliki pengalaman, keterampilan dan lingkungan yang memadai untuk melakukan penelitian sesuai dengan minatnya. 

Melalui kegiatan penelitian ini, kata dia, mahasiswa dapat melatih cara berpikir kritis sehingga mahasiswa mampu memahami, dan melakukan metode riset secara lebih baik sehingga dapat menghasilkan luaran yang lebih optimal. 

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM penelitian, kata dia, akan mendapatkan pembimbingan langsung oleh peneliti di Lembaga Riset/ Laboratorium Riset. Dengan demikian dari kegiatan penelitian ini dapat meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa, meningkatkan pengalaman dan kemampuan mahasiswa dalam proyek riset dibawah bimbingan lembaga riset peneliti professional. 

Selain itu, kata dia, MBKM penelitian ini merupakan bentuk “kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Penelitian yang dilakukan berfokus pada isu-isu regional dan nasional sehingga lewat penelitian ini harapannya dapat memberikan solusi dari berbagai masalah yang ada.

"Sehingga penelitian ini dapat diarasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Tentunya, kata dia, penelitian yang baik memiliki beberapa tahapan yang perlu dilakukan salah satunya adalah diskusi mengenai tema serta isu apa yang ingin diangkat, untuk memaksimalkan hal tersebut ARS University mengadakan diskusi penelitian program MBKM pada 22 November 2022 dengan mengundang Yuniar ST.MT dan Ir Yanti Helyanti, MT selaku pemateri dalam diskusi tersebut. 

Wiseto berharap, program ini bisa mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing atau jiwa kompetitif bagi mahasiswa di dunia industri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement