Senin 09 Jan 2023 06:23 WIB

Rumah Terancam Longsor di Panawangan, Warga Mengungsi

Rumah yang kondisinya terancam itu berada di sisi tebing yang longsor.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kondisi wilayah yang terdampak bencana tanah longsor di Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Ahad (8/1/2023).
Foto: Dok. BPBD Kabupaten Ciamis
Kondisi wilayah yang terdampak bencana tanah longsor di Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Ahad (8/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS — Bencana longsor terjadi di wilayah Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Sabtu (7/1/2023). Longsor dilaporkan menggerus jalan antardusun.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Memet Hikmat, ada dua rumah warga juga yang terancam bencana longsor. Kedua rumah warga itu dilaporkan berada di sisi tebing yang longsor.

Baca Juga

Hikmat mengatakan, dua kepala keluarga yang menghuni rumah tersebut sudah mengungsi sementara. “Kami juga telah mendistribusikan logistik untuk warga terdampak,” kata dia, Ahad (8/1/2023).

Berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Ciamis, bencana longsor di wilayah Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, itu terjadi pada Sabtu (7/1/2023), sekitar pukul 17.00 WIB. Menurut Memet, longsor terjadi setelah turun hujan dengan intensitas tinggi.

Dilaporkan tebing dengan ketinggian sekitar 50 meter longsor dan menggerus jalan antardusun di wilayah tersebut. “Jalan desa penghubung Dusun Kelapa dan Dusun Cimanem di Desa Mekarbuana rusak berat,” kata Memet.

Meskipun kondisi jalan rusak akibat longsor, menurut Memet, tidak ada warga yang terisolasi. Ia mengatakan, masih ada jalan alternatif yang bisa dimanfaatkan warga, juga bisa dilintasi pengguna kendaraan roda dua. Namun, warga mesti memutar sekitar 1,5 kilometer. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement