Ahad 15 Jan 2023 12:43 WIB

Gubernur Rencanakan Pembangunan Dua Alun-Alun Lain di Kabupaten Tasikmalaya

Menurut Gubernur Jabar, alun-alun yang akan dibangun di wilayah Ciawi dan Cikatomas.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Sejumlah warga beraktivitas di Alun-Alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, yang baru diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Sabtu (14/1/2023).
Foto: Bayu Adji P/Republika
Sejumlah warga beraktivitas di Alun-Alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, yang baru diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Sabtu (14/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyampaikan rencana pembangunan dua alun-alun di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Rencana gubernur itu disambut baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya.

Pada Sabtu (14/1/2023), Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan hasil revitalisasi Alun-Alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Menurut dia, pembangunan alun-alun ini akan berlanjut, tidak hanya di Singaparna, yang merupakan ibu kota Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga

Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan mendukung pembangunan alun-alun di dua titik lain. “Tidak hanya Singaparna, kami akan bangun alun-alun di Ciawi dan Cikatomas. Ini kanyaah untuk warga Kabupaten Tasikmalaya,” kata gubernur yang akrab disapa Emil itu.

Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin menyambut baik rencana dari gubernur Jabar untuk pembangunan alun-alun di daerahnya. “Karena beliau senang hasilnya (revitalisasi Alun-Alun Singaparna), beliau akan membangun lagi di Ciawi dan Cikatomas. Insyaallah, tahun depan,” ujar Cecep.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan soal langkah Pemprov Jabar membantu pembangunan atau revitalisasi alun-alun di sejumlah daerah. Menurut dia, alun-alun ini menjadi alternatif tempat rekreasi murah bagi masyarakat.

“Jangan ditafsirkan (pembangunan alun-alun) ini sebagai pemborosan. Ini filosofinya sangat luar biasa, untuk mendapatkan kebahagiaan. Datang gratis, jajanan UMKM terjangkau, sehingga masyarakat bisa mendapatkan kebahagiaan dengan mudah dan murah,” kata Uu, saat meninjau progres pembangunan Alun-Alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (9/1/2023).

Uu memastikan, meskipun Pemprov Jabar membantu pembangunan alun-alun, pembangunan sektor lainnya tetap berjalan. Ia mencontohkan pembangunan jalan. “Jalan juga kita bangun, tapi alun-alun juga kita bangun,” ujar Uu.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement