Kamis 26 Jan 2023 17:42 WIB

Persib Puncaki Klasemen Usai Kalahkan Borneo 1-0 

Tuan rumah Persib Bandung berhasil membuka skor lewat gol cepat penyerang David da Si

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Agus Yulianto
Pemain Persib Bandung.David da Silva
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pemain Persib Bandung.David da Silva

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kemenangan Persib Bandung atas Borneo FC 1-0 pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2022/2023 membawa Pangeran Biru melesat ke puncak klasemen mengasapi rival abadi Persija Jakarta. Gol semata wayang Persib hadir melalui David da Silva menit ke-6. 

Hasil itu membawa Persib duduk di posisi teratas dengan koleksi angka 39 unggul satu poin dari Persija di kursi kedua. Sedangkan Borneo tertahan di peringkat keenam mengoleksi nilai 33 dari 19 pertandingan yang dimainkan.

Baca Juga

Tuan rumah Persib Bandung berhasil membuka skor lewat gol cepat penyerang David da Silva pada menit ke-6. Menerima umpan matang Ciro Alves, David yang sudah menanti di depan gawang mampu menceploskan bola dengan mudah ke gawang Borneo.

Tertinggal 1-0 , Borneo meningkatkan intensitas serangan. Matheus Pato kembali jadi ancaman. Melalui tendangan bebas di menit ke-14, Pato melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Namun bola bisa dimentahkan portiere Persib Teja Paku Alam.

 

Persib tak mau kalah. Ciro Alves lagi-lagi jadi aktor di lini serang Persib. Pada menit 26, Ciro mampu melepaskan diri dari penjagaan pemain belakang Borneo sebelum melepaskan tendangan keras. Tapi bola masih mampu diblok kiper.

Teja Paku Alam hampir membuat kesalahan menit ke-29. Teja gagal mengantisipasi bola yang jatuh di luar kotak penalti. Untungnya, pemain Borneo tak bisa memanfaatkan kesalahan tersebut.

Borneo kembali punya peluang. Kali ini dari kaki Stefano Lilipaly menit ke-33. Ia lolos dari jebakan offside dan berduel satu lawan satu dengan Teja. Untungnya duel ini dimenangkan oleh Teja.

Persib langsung balas mengancam. Lewat serangan balik, Beckham Putera dan Marc Klok mendapat dua peluang beruntun. Namun peluang ini hanya menghasilkan sepak pojok.

Hingga menit ke-42, pertandingan berjalan dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Para pemain Persib lebih banyak menunggu di daerah pertahanan sendiri. Sementara serangan-serangan Borneo, selalu berhasil diantisipasi.

Petaka bagi Persib gelandang tengah Ricky Kambuaya mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-45. Kambuaya melanggar Jonathan Bustos dan membuat wasit mengganjarnya dengan kartu. Persib pun harus bermain dengan 10 pemain sampai babak pertama usai.

Memasuki interval kedua Borneo yang unggul jumlah pemain mendominasi permainan. Beberapa peluang Pesut Etam dilakukan oleh Matheus Pato dan juga Stefano Lilipaly. Namun belum ada bola bersarang ke gawang Maung Bandung, yang dikawal Teja Paku Alam.

Nahas Borne harus kehilangan Kei Hirose yang mendapat kartu merah pada menit ke-68 setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain Persib Bandung. Kini kekuatan kedua tim berimbang mengingat baik Borneo dan Persib sama-sama bermain dengan 10 orang.

Kehilangan Kei Hirose tak membuat permainan Borneo menyusut. Pasukan Andre Gaspar terus menekan pertahanan Pangeran Biru hingga menit ke-80.

Tendangan spekulasi yang dilakukan oleh Julio Cesar dari luar kotak penalti masih melayang tinggi dari mistar gawang Persib. Borneo mengandalkan sisi lapangan dengan memanfaatkan umpan silang langsung ke dalam kotak penalti.

Pada menit ke-84 giliran Persib mendapatkan peluang melalui David da Silva. Penyerang kelahiran Brasil tersebut memanfaatkan serangan balik yang langsung melepas tembakan dari luar kotak penalti. Sayang bola masih melebar di sisi kanan kiper Angga Saputro.

Teja Paku Alam jatuh bangun pada menit-menit akhir beberapa percobaan yang dilakukan penyerang Borneo mampu diantisipasi oleh kiper 24 tahun. Hingga peluit panjang berbunyi skor 1-0 untuk Persib bertahan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement