Senin 06 Feb 2023 00:21 WIB

Kalahkan PSS Sleman, Ciro Alves Bawa Persib Puncaki Klasemen Liga 1 

Sementara ini, menjadi 14 laga tak terkalahkan Persib Bandung secara beruntun.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Agus Yulianto
Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra diganjal bek PSS Sleman Haris Tuharea pada laga BRI Liga 1 Indonesia di Stadion GBLA, Bandung, Ahad (5/2/2023). Laga berakhir dengan kemenangan tuan rumah dengan skor 2-0 berkat brace dari striker Ciro Alves.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra diganjal bek PSS Sleman Haris Tuharea pada laga BRI Liga 1 Indonesia di Stadion GBLA, Bandung, Ahad (5/2/2023). Laga berakhir dengan kemenangan tuan rumah dengan skor 2-0 berkat brace dari striker Ciro Alves.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung kembali memuncaki klasemen Liga 1 Indonesia setelah meraih kemenangan 2-0 atas PSS Sleman pada lanjutan liga yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung, Ahad (5/2/2023) petang WIB. Striker Ciro Alves keluar sebagai pahlawan mengingat brace pada menit ke-27 dan menit ke-40 berhasil membawa Pangeran Biru kembali mengisi kursi pertama klasemen dengan perolehan angka 45 dari 21 laga menggusur rival abadi Persija Jakarta ke posisi dua klasemen memiliki nilai 44.

Sementara ini, menjadi 14 laga tak terkalahkan Persib Bandung secara beruntun via 12 kemenangan dan dua imbang. Kekalahan terakhir Maung Bandung terjadi pada 29 Agustus saat menyerah 1-5 dari PSM Makassar.

Sedangkan PSS Sleman masih tercecer di peringkat 12 dengan gagal memperpanjang catatan kemenangan setelah tiga laga terakhir mampu mengoleksi kemenangan atas Barito Putera, Arema dan RANS Nusantara.

Di sisi lain, kemenangan tersebut jadi modal positif pasukan Luis Milla menjelang dua bentrokan krusial versus Bali United pada Jumat (10/2/2023) sebelum bersua PSM Makassar lima hari berselang alias pada giornata ke-24 nanti.

 

Persib menguasai jalannya pertandingan sejak menit awal berlangsung. Bek serba bisa Daisuke Sato dan Beckham Putra kerap mengancam gawang PSS Sleman.

Namun, beberapa peluang yang dihadirkan Pangeran Biru hingga menit ke-20 belum membuahkan hasil. Skor kacamata masih tertahan.

Gelandang tengah PSS Sleman, Jihad Ayoub harus mendapat kartu kuning setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Rachmat Irianto.

Super Elang Jawa belum bisa keluar dari tekanan tuan rumah. Percobaan pasukan Seto Nurdiantoro masih bisa dipatahkan oleh pemain tengah Maung Bandung yang memang tampil disiplin.

Pada menit ke-23 Marc Klok melepas tembakan spekulasi. Namun sayang laju bola masih bisa dibendung oleh kiper Sleman, Muhammad Ridwan.

Gelora Bandung Lautan Api seketika bergemuruh usai gol indah Ciro Alves pada menit ke-27 tercipta. Eksekusi penyerang berusia 33 tahun di sisi pojok gawang Sleman tak dapat dijangkau Muhammad Ridwan. Skor 1-0 untuk keunggulan Pangeran Biru.

Sleman langsung mencoba menyamakan kedudukan. Peluang pertama mereka pada menit ke-31 dari Haris Tuharea tercipta. Sayang, pemain berusia 28 tahun terlalu lama melakukan eksekusi di dalam kotak penalti yang langsung diantisipasi oleh bek Persib Nick Kuipers.

Beckham melepas tembakan dengan keputusan plesing penyerang sayap tersebut. Sayang, bola melayang tipis dari sisi kanan gawang Sleman.

Transisi Persib Bandung kembali menunjukkan kelas pada menit ke-40. Berawal dari umpan Beckham dan first touch yang indah oleh Ciro sebelum striker Brasil itu melepas sontekan saat berhadapan dengan kiper M Ridwan.

Beckham Putra mendapat tekel keras yang dilayangkan oleh Haris Tuharea. Playmaker milik Maung Bandung tergeletak di atas lapangan.

Hingga peluit turun minum berbunyi skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah Persib Bandung atas tamunya PSS Sleman bertahan.

Memasuki interval kedua kedua tim Persib tidak menurunkan intensitas serangan beberapa percobaan terjadi pada awal laga kedua. Namun, peluang David da Silva masih belum tepat sasaran.

Sedangkan PSS Sleman yang mencoba keluar dari tekanan justru terlihat buntu. Percobaan Super Elang Jawa cukup mudah dipatahkan oleh deretan bek tengah.

Pelatih Seto Nurdiantoro melakukan rotasi pemain Derry Rachman dan Kim Kurniawan terpaksa ditarik keluar digantikan oleh Ricky Cawor serta Saddam Gaffar.

Haris Tuhaera yang kontribusinya tidak terasa pada laga kali ini harus ditarik keluar dan digantikan oleh Irkham Zahrul Mila.

Akan tetapi hingga menit ke-70 PSS Sleman belum juga memecah kebuntuan. Strategi bertahan Persib masih sangat sulit dibongkar oleh Sleman.

Di sisi Persib Luis Milla memasukan rekrutan anyar Rezaldi Hehanusa menggantikan peran Daisuke Sato. Pun menarik Beckham Putra dengan memainkan Febri Hariyadi.

Pada sisa menit pertandingan Persib masih mencoba untuk menambah pundi golnya. Rezaldi tampil cukup impresif menggantikan peran Daisuke Sato yang menunjukkan permainan spartan.

Sayang peluit panjang berbunyi membuat skor 2-0 tetap bertahan untuk kemenangan tuan rumah Persib Bandung dari PSS Sleman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement