Senin 13 Feb 2023 14:34 WIB

Vaksinasi Covid-19 Massal di Kota Bandung Dibuka untuk 1.300 Warga

Wali Kota Bandung mengapresiasi vaksinasi massal untuk mendorong booster kedua.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
 Sejumlah warga mengantre untuk menjalani vaksinasi Covid-19 saat kegiatan vaksinasi massal di Yayasan Dana Sosial Priangan, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (13/2/2023).
Foto:

Vaksinasi booster kedua awalnya diprioritaskan untuk sumber daya manusia (SDM) kesehatan. Dilaporkan cakupan booster kedua untuk SDM kesehatan ini sudah mencapai sekitar 77 persen dari sasaran awal 24.709 orang.

Kemudian warga lansia pun menjadi sasaran vaksinasi booster kedua, yang cakupannya di Kota Bandung dilaporkan sudah sekitar 10 persen dari sasaran awal 206.046 orang.

Sementara booster kedua untuk masyarakat umum berusia di atas 18 tahun baru dimulai 24 Januari 2023. Sejauh ini, cakupannya dilaporkan baru sekitar 0,41 persen dari total sasaran awal sekitar 1,3 juta orang.

Menurut Yana, saat ini minat masyarakat melakukan vaksinasi Covid-19 cenderung menurun. “Tapi, mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan vaksinasi massal seperti ini, begitu juga gerai vaksinasi di puskesmas dan rumah sakit, capaian vaksinasi Kota Bandung dapat menunjukkan kenaikan,” kata Yana.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian mengatakan, sejak akhir 2022 cakupan vaksinasi booster kedua masyarakat umum masih di bawah satu persen dari sasaran. Karenanya, menurut dia, kegiatan vaksinasi massal, seperti yang diadakan Masyarakat Tionghoa Peduli hari ini, merupakan upaya strategis untuk mendongkrak capaian booster kedua di Kota Bandung.

“(Cakupan booster kedua) Untuk masyarakat umum itu baru 0,41 persen (5.474 orang). Kalau diakumulasi dengan capaian nakes (SDM kesehatan) dan lansia, itu ada di angka 0,53 persen. Lalu hari ini ada 1.300 orang, jadi penambahannya cukup signifikan ya,” kata Anhar. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement