Ahad 19 Feb 2023 18:03 WIB

Pemkot Bandung Ajak Warga Pelihara Taman dan Fasilitas Publik

Masyarakat merupakan elemen penting yang sangat berperan menjaga keindahan taman

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Fernan Rahadi
Suasana Taman Persib saat hujan di Jalan Supratman, Kota Bandung, Jumat (20/1/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Suasana Taman Persib saat hujan di Jalan Supratman, Kota Bandung, Jumat (20/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Bandung termasuk wilayah dengan jumlah taman yang terbilang banyak. Dikutip dari data Buku Bandung Dalam Angka tahun 2022 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, terdapat setidaknya 759 taman kota dengan akumulasi luas 2.170.134,11 meter persegi. Namun dari ratusan taman tersebut, hanya sejumlah taman saja yang dapat terpelihara dan termanfaatkan dengan baik.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna memaparkan, tujuan utama banyak disediakannya ruang terbuka hijau adalah sebagai tempat berkumpul, berekreasi, dan sarana olah raga bagi masyarakat. Ironinya, banyak taman yang justru terbengkalai dan menjadi sarang vandalisme. 

"Pemeliharaan taman ini kita akui tidak mudah, tetapi akan lebih maksimal apabila terbangun kesadaran masyarakat," kata Ema dikutip Republika, Ahad (19/2/2023). 

Ema menegaskan, masyarakat merupakan elemen penting yang sangat berperan dalam menjaga keindahan taman. Menurutnya, jika masyarakat kompak untuk tidak membuang sampah sembarangan, parkir di lokasi yang telah disediakan dan menggunakan tempat khusus untuk berjualan, maka kondisi taman dipastikan akan lebih terawat. 

“Kita tidak pernah melarang warga untuk memanfaatkan fasilitas publik, karena itu bagian dari pelayanan. Namun perlu juga komitmen dari masyarakat untuk bersama-sama memelihara taman dan fasilitas publik," harap Ema.

Dia juga mengingatkan warga untuk senantiasa mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah, termasuk menjaga fasilitas publik. Berdasarkan pantauan yang dilakukannya, Ema mengungkapkan mayoritas taman-taman Kota Bandung dalam keadakan terawat dan terpelihara dengan baik, seperti yang terlihat di Cikapundung River Spot, Taman Superhero, Taman Lansia, Petpark, serta taman-aman lainnya.

Sebelumnya, Tedi Setiadi (41 tahun), salah satu pengunjung Taman Super Hero, mengatakan cukup nyaman menghabiskan akhir pekan di taman ini. Menurutnya, cuaca yang sejuk dan tanaman yang memenuhi taman, membuat suasana asri dan nyaman semakin terasa.

“Di sini ada patung-patung superhero dan bikin tertarik anak anak. Kebetulan saya ke sini juga emang buat anak-anak” ujarnya.

Dia berharap, semakin banyak lagi taman yang ramah anak seperti ini. Dia juga meminta agar fasilitas di taman-taman Kota Bandung juga semakin ditingkatkan, khususnya toilet dan mushala. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement