Rabu 22 Feb 2023 12:02 WIB

Survei Terbaru, Ridwan Kamil Jadi Capres Alternatif Terpopuler 

Ridwan Kamil juga dalam survei dinilai mampu mendongkrak popularitas Partai Golkar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Survei terbaru menunjukkan, Ridwan Kamil sebagai capres alternatif terpopuler. Bahkan, pada survei yang dibuat Januari 2023, oleh Litbang Kompas bertajuk Survei Kepemimpinan Nasional (SKN), Ridwan Kamil meninggalkan jauh Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Pada survei turut mencari tahu siapa figur calon presiden (capres) alternatif yang paling diminati oleh publik. Hasilnya mencatat, Ridwan Kamil meraih tingkat elektabilitas tertinggi sebagai capres alternatif dengan angka 22,7 persen, sementara Sandiaga Uno berada di peringkat kedua dengan 7,3 persen dan AHY sebesar 5,8 persen.

Baca Juga

"Melejitnya sosok Ridwan Kamil sebagai capres alternatif selaras dengan keberhasilannya mempertahankan elektabilitas pada posisi keempat untuk membayangi tiga besar capres potensial teratas," papar peneliti Litbang Kompas Eren Marsyukrilla, dalam rilisnya yang diterima Republika.co.id, Rabu (22/2).

Survei tersebut juga menunjukan keterpilihan Ridwan Kamil sebagai figur alternatif, ditopang oleh adanya peralihan dukungan yang cukup besar. Baik dari pendukung Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan yang ada di tiga besar Capres dengan elektabilitas tertinggi.

 

Ridwan Kamil mendapat peralihan 16,5 persen dari pendukung Anies Baswedan sementara pendukung Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang mengalihkan dukungan sebesar 14 persen.

Dalam survei yang sama, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai capres berada di angka 8,5 persen. Ridwan Kamil berada di bawah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. 

Ridwan Kamil juga dalam survei dinilai mampu mendongkrak popularitas Partai Golkar setelah memutuskan bergabung. Pemilih Ridwan Kamil yang memilih Golkar naik dari 8,7 persen menjadi 13,7 persen.

Kemudian pemilih Golkar yang memilih RIdwan Kamil naik jadi 13.1 persen dari 9,5 persen. Survei menyebut, keputusan Ridwan Kamil masuk partai sama-sama menguntungkan Gubernur Jawa Barat tersebut dan juga Partai Golkar.

Berikut elektabilitas figur capres alternatif berdasarkan survei : 

1. Ridwan Kamil: 22,7 persen, 2. Sandiaga Uno: 7,3 persen, 3. AHY: 5,8 persen, 4. Erick Thohir: 4,5 persen, 5. Tri Rismaharini: 4,3 persen, 6. Andika Perkasa: 2,3 persen, 7. Puan Maharani: 1,5 persen, 8. Airlangga Hartarto: 0,8 persen, 9. Mahfud MD: 0,7 persen, dan  10. Hary Tanoesoedibyo: 0,5 persen.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement