Kamis 23 Feb 2023 14:13 WIB

Majelis Syura PKS akan Deklarasikan Anies sebagai Bakal Capres

Deklarasi hari ini merupakan sikap resmi hasil Musyawarah Majelis Syura PKS.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid.
Foto: MPR
Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar musyawarah yang digelar di Kantor DPP PKS, Jakarta. Salah satu hasilnya yang akan diumumkan adalah pengumuman Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Deklarasi resmi PKS hari ini, memang diselenggarakan hanya oleh PKS," ujar Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid saat dihubungi, Kamis (23/2).

Baca Juga

Dia menjelaskan, deklarasi hari ini merupakan sikap resmi yang merupakan hasil Musyawarah Majelis Syura PKS. Bukan deklarasi koalisi pengusungan Anies sebagai capres lewat koalisi bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat.

"Sekarang-sekaramg ini memang deklarasinya baru di masing-masing partai. Itu semuanya dimengerti dan disepakati oleh tiga partai yang tetap kompak dan makin solid sebagai pengusung Bacapres Anies Baswedan," ujar Hidayat.

 

"Untuk deklarasi bersama tiga partai koalisi akan disepakati dan ditetapkan kemudian," sambung Wakil Ketua MPR itu.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menemui Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Salah satu pembahasannya adalah koalisi keduanya bersama PKS dalam mengusung Anies sebagai capres.

"Jadi jangan koalisi lips service aja, habis itu tidak saling kenal. Mudah-mudahan jangan terjadi diantara PKS, Demokrat, Nasdem," ujar Surya Paloh di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/2).

Jelasnya, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS yang kerap disebut sebagai Koalisi Perubahan menunjukkan perkembangan yang positif. Apalagi ketiganya sudah menyatakan secara resmi untuk mengusung Anies sebagai capres.

"Semua punya spirit yang sama, saling besarkan hati dan InsyaAllah progres yang jauh lebih positif bisa kami dapatkan. Kami semua berkepentingan dan semoga termanage dengan baik," ujar Surya Paloh.

Adapun keputusan calon wakil presiden (cawapres) koalisi Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS merupakan kewenangan Anies. Ia sendiri berpandangan, Ketua Umum Partai Demokrat, AHY pantas menjadi pasangan Anies.

Dia melihat, AHY sebagai sosok yang memiliki fisik dan pemikiran yang tepat untuk menjadi cawapres dari Anies. Namun sekali lagi disampaikannya, keputusannya berada di tangan Anies sebagai bakal capres.

"Dari awal saya katakan, mengenai masalah pasangan cawapres, dari sejak awal deklarasi serahkan kepada capres. Nah ini bagaimana? Kalau tanya pada pendapat saya, cocok," ujar Surya Paloh.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement