Jumat 24 Feb 2023 15:30 WIB

Kalender Agenda 2023 Kota Tasikmalaya, Ada ‘Tadarus on The Street’

Ada 101 kegiatan yang masuk Kalender Agenda 2023 Kota Tasikmalaya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Acara peresmian hasil revitalisasi objek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (14/1/2023).
Foto: Bayu Adji P/Republika
Acara peresmian hasil revitalisasi objek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (14/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Berbagai agenda akan digelar sepanjang 2023 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Diharapkan banyaknya agenda ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya sudah meluncurkan “Calendar of Event 2023” pada awal Februari ini. Pada kalender agenda tersebut terdapat 101 kegiatan.

Di antaranya Tasik Festival Musik Kreatif yang dijadwalkan pada 25 Februari, Tadarus on the Street pada 1 April, Pet Expo Tasikmalaya pada 27 Mei, dan Tasik October Festival yang direncanakan digelar pada 27 Oktober 2023.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Deddy Mulyana menjelaskan, selama ini Kota Tasikmalaya belum mempunyai “Calendar of Event”. Padahal, kata dia, banyak yang menanyakan agenda pariwisata di Kota Tasikmalaya.

Deddy mengaku ditelepon jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). “Kami di-challenge membuat event tahunan, seperti Banyuwangi, Medan, Solo, dan lainnya,” kata Deddy, Jumat (24/2/2023).

Merespons hal itu, Deddy mengatakan, dinasnya lantas mendata berbagai kegiatan yang ada di Kota Tasikmalaya melalui komunitas. Hasilnya, terdapat banyak kegiatan yang selama ini terlaksana, tapi belum terpublikasi dengan optimal. 

“Saya beranikan diri mengangkat ini ke publik. Alhamdulillah, banyak respons, meski ada beberapa pihak yang protes karena kegiatannya tak masuk,” ujar Deddy.

Menurut Deddy, Pemkot Tasikmalaya menetapkan 101 kegiatan dalam Calendar of Event 2023. Namun, ia tidak menutup kemungkinan agendanya bertambah.

Deddy mengatakan, pihak yang memiliki kegiatan dapat mendaftarkannya ke Disporabudpar Kota Tasikmalaya. Nantinya Disporabudpar melakukan kurasi. “Kami juga akan seleksi lagi, jadi terkurasi,” kata dia.

Dengan berbagai agenda yang masuk Calendar of Event 2023, Deddy berharap makin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Tasikmalaya. Ia tidak ingin Kota Tasikmalaya sekadar tempat transit sementara wisatawan. “Jangan travel-travel itu memberangkatkan orang ke luar Tasik,” ujar Deddy.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, setiap pekannya hampir selalu ada agenda kegiatan di Kota Tasikmalaya. Dengan begitu, kata dia, diharapkan Kota Tasikmalaya nantinya bisa dikenal sebagai destinasi wisatawan.

“Jadi, kami bisa menawarkan jasa yang patut dikunjungi secara nasional maupun mancanegara,” kata Cheka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement