Senin 27 Feb 2023 09:24 WIB

BMKG: Hujan Sedang dan Lebat Berpotensi Terjadi di Bandung Raya

Hujan sedang hingga lebat itu disertai kilat, angin kencang hingga petir.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
BMKG memprediksi potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 26 Februari-1 Maret.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
BMKG memprediksi potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 26 Februari-1 Maret.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Jawa Barat khususnya di Bandung Raya pada Senin (27/2/2023). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan hujan lebat itu disertai kilat dan angin kencang hingga petir.

"Potensi hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Jawa Barat," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu melalui keterangan resmi, Senin (27/2/2023).

BMKG pun mengimbau masyarakat di pesisir pantai Jawa Barat untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi. Potensi itu diperkirakan terjadi sejak 26 Februari hingga 1 Maret.

"Mohon tingkatkan kewaspadaan, terutama untuk tanggal 26 Februari hingga 1 Maret terhadap potensi peningkatan kecepatan angin maksimum hingga 20 knot," ujarnya.

Dia mengatakan, potensi peningkatan angin terjadi di wilayah perairan utara dan selatan Belitung, Selat Karimata bagian selatan. Peningkatan angin hingga 25 knot di Selat Karimata bagian utara, Selat Gelasa, Laut Jawa bagian barat, perairan Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, perairan Karawang-Subang, dan perairan Indramayu-Cirebon dan 30 knot di Selat Karimata bagian utara.

"Serta waspada tinggi gelombang sedang antara 1,25-2,0 meter di Selat Gelasa, perairan utara dan selatan Belitung, Selat Karimata bagian Selatan, Laut Jawa bagian barat, perairan Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, perairan Karawang-Subang, dan perairan Indramayu-Cirebon.

"Tinggi gelombang antara 2,5-3,0 meter di Selat Karimata bagian utara," katanya. Beberapa hari terakhir, hujan dengan intensitas sedang dan tinggi terjadi di wilayah Bandung Raya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement