Sabtu 18 Mar 2023 18:46 WIB

Jelang Ramadhan, Unisba Gelar Tarhib Ramadhan 1444 Hijriah

Tahrib Ramadhan merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus Unisba.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Universitas Islam Bandung (Unisba) melalui Bagian Peningkatan Ruhul Islam dan Pengelolaan Masjid (PRIPM) menggelar Tarhib Ramadhan yang dilaksanakan di Aula Unisba.
Foto: Istimewa
Universitas Islam Bandung (Unisba) melalui Bagian Peningkatan Ruhul Islam dan Pengelolaan Masjid (PRIPM) menggelar Tarhib Ramadhan yang dilaksanakan di Aula Unisba.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bulan Ramadhan 1444 H tinggal beberapa hari lagi. Umat muslim dibelahan dunia, bersuka cita menyambut bulan suci dengan berbagai persiapan. 

Agar, berbagai ibadah di Bulan Ramadhan dapat dilaksanakan dengan penuh khidmat dan kekhusuan menjadi umat yang bertaqwa Universitas Islam Bandung (Unisba) melalui Bagian Peningkatan Ruhul Islam dan Pengelolaan Masjid (PRIPM) menggelar Tarhib Ramadhan yang dilaksanakan di Aula Unisba, Rabu-Kamis (15-16/3/2023).

Menurut Wakil Rektor III Unisba Dr Amrullah Hayatudin SHI MAg, acara ini diisi dengan seminar dan pelatihan yang diikuti perwakilan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dari unit dan fakultas dilingkungan Unisba, serta warga sekitar Kelurahan Tamansari Kota Bandung dan terbuka untuk umum.

Pada hari pertama, kegiatan diawali Pembinaan Imam dan Tahsin Alquran yang dibawakan oleh Muhammad Yunus SHI MSy (Dosen Fakultas Syariah Unisba), dan materi mengenai ‘Ramadhan sebagai Momentum Menjadi Kekasih Allah’ yang disampaikan oleh KH Dudi Muttaqien MPI(Mubalig Nasional). 

 

Sedangkan di hari kedua, diisi materi ‘Manajemen Keuangan Keluarga di Bulan Ramadhan’ dengan narasumber Dr. Murniarti Mukhlisin , M.Acc. (Dosen dan Praktisi Keuangan Keluarga), dan Pelatihan Public Speaking  (MC, Ceramah dan Khutbah) yang dibawakan oleh Heppy Chandrayana MIKom (MC Istana Negara Republik Indonesia).

"Melalui kegiatan ini, Unisba membekali dosen, tenaga kependidikan dan warga sekitar Tamansari agar tujuan bertaqwa dapat terwujud," ujar Amrullah, Sabtu (18/3/2023).

Menurutnya, melalui pembinaan membaca Alquran, umat Islam disyariatkan dan diperintahkan oleh Allah untuk mengisi hari-hari di Bulan Ramadhan dengan Tilawatil Quran, maka diberikan ilmu Tahsin yang baik dan benar.

Kedua,  kata dia, agar menjadi umat yang disayang oleh Allah  maka disampaikan cara-cara menggapainya. Ketiga, diberikan ilmu dalam mengelola uang sehingga bisa memafaatkan Bulan Ramadhan menjadi pembelajaran dalam memanfaatkan uang sebaik mungkin. 

Terakhir, kata Warek III, dengan memberikan materi sebagai penceramah agar bisa mengisi ceramah yang baik dan pesannya bisa sampai kepada audience.

Menurutnya, umat Muslim harus berbahagia dengan datangnya Bulan Ramadhan karena penuh dengan keberkahan. 

“Semoga di Bulan Ramadhan menjadikan umat yang bertaqwa. Kita mulai dari saat ini. Menyambut dan mempersiapkan diri kita supaya nanti puasa kita derajatnya akan diangakat oleh Allah. Maka berpuasa dengan penuh keikhlasan dan keimanan maka Allah akan memaafkan dosa-dosa sebelumnya melalui puasa dangan penuh keimanan keikhlasan ,” paparnya.

Tahrib Ramadhan merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus Unisba (Radius) yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Bagian PRIPM Unisba.

Menurut Kepala Bagian PRIPM Dr Iwan Permana SSy MESy, kegiatan yang akan digelar Radius 1444 H lainnya antara lain pemantauan hilal awal Ramadhan pada 22 Maret 2023 dan pemantauan hilal awal Syawal pada 22 April 2023 yang bekerja sama dengan Tim Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Unisba, pemberian takjil selama 1 bulan penuh saat berbuka dan sahur di Masjid Al Asyari Unisba, Kultum bada dzuhur selama Bulan Ramadhan pada hari kerja di Masid Al Asyari dan Masjid Al Miraj Unisba, Shalat Tarawih di Masjid Al Asyari Unisba dengan imam dan khatib dosen terbaik Unisba.

Selain itu, pada tanggal 12 April 2023 ada santunan kepada 600 anak yatim dan 200 guru ngaji, Tabligh Akbar dan buka bersama dengan warga sekitar Tamansari Kota Bandung, itikaf di Masjid Al Asyari Unisba pada 14 April 2023 yang diisi dengan Kajian Islam,  dan Qiyamu Lail, serta Shalat Idul Fitri di parkir utama Kqmpus Utama Unisba Jalan Tamansari No. 1 Kota Bandung dengan khatib Wakil Rektor I Unisba, Prof Ir A Harits Nu’man MT PhD IPM dan Imam dosen Fakultas Dakwah Unisba M Fauzi Arif SSos MIKom. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement