Senin 20 Mar 2023 12:22 WIB

Dishub Jabar akan Menyiapkan Mudik Gratis 

Tahun ini mudik gratis dilakukan dengan kolaborasi bersama BUMN dan instansi swasta.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) mendengarkan pemaparan dari Kadishub Provinsi Jawa Barat A Koswara Hanafi (kiri) saat meninjau Pos Terpadu Limbangan di Limbangan, Kabupaten Garut.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) mendengarkan pemaparan dari Kadishub Provinsi Jawa Barat A Koswara Hanafi (kiri) saat meninjau Pos Terpadu Limbangan di Limbangan, Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) saat ini sedang mempersiapkan mudik gratis untuk libur lebaran 2023. Menurut Kepala Dishub Jabar, A Koswara, untuk menyiapkan mudik gratis pihaknya akan berkolaborasi dengan beberapa pihak dalam program ini. 

"Tahun ini mudik gratis dilakukan dengan kolaborasi bersama BUMN dan beberapa instansi swasta lainya. Adapun detail pelaksanaan mudik gratis akan segera diinformasikan," ujar Koswara, kepada Republika, Senin (20/3/2023). 

Koswara mengatakan, konsep mudik gratis tahun ini ada dua langkah. Pertama Dishub Jabar akan menyediakan beberapa unit bus untuk tujuan jarak jauh dengan waktu keberangkatan yang ditentukan. Hal ini, akan bisa menampung pemudik di luar wilayah Jabar. 

"Kedua Dishub Jabar akan menyediakan tiket gratis pada beberapa trayek,  jadwalnya mengikuti layanan eksisting," katanya. 

 

Namun, kata dia, penyelenggaraan mudik gratis di seluruh Provinsi Jawa Barat sedang diinventarisasi untuk nantinya dapat dilakukan dukungan seprti ramp check untuk memastikan keselamatan penumpang.

"Ada beberapa rute favorit, di antaranya Jogja dan solo, adapun jumlah armada akan diinformasikan lebih lanjut. Untuk prsyaratan, dapat disiapkan identitas pribadinya," katanya. 

Menurut Koswara, pihaknya juga memperhatikan beberapa jalur yang nantinya akan dipenuhi kendaraan pemudik. Seperti, Jalur Pantura dan Jalur Selatan Jabar yang terkadang terdapat pasar tumpah. 

"Jalur Utara sepanjang Jalur Pantura (Bekasi - Karawang - Cirebon) dilakukan pemantauan aktifitas pasar tumpah, perbaikan jalann di beberapa titik, terutama antisipasi apabila di jalan tol dilakukan kebinakan one way atau contra flow," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement