Selasa 21 Mar 2023 20:42 WIB

Sambut Ramadhan, ASN dan Warga di Tasikmalaya Tadarus Alquran

Kegiatan tadarus Alquran dilaksanakan di Masjid Agung Kota Tasikmalaya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Sejumlah warga tadarus Alquran di Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, untuk menyambut bulan Ramadhan, Selasa (21/3/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Sejumlah warga tadarus Alquran di Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, untuk menyambut bulan Ramadhan, Selasa (21/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Sejumlah warga berkumpul di Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (21/3/2023) petang. Sejak sekitar pukul 16.00 WIB, mereka bersama-sama membaca Alquran, hingga menjelang Maghrib.

Tadarus Alquran di Masjid Agung Kota Tasikmalaya itu merupakan kegiatan untuk menyambut bulan Ramadhan. Kegiatan itu digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, tadarus Alquran ini diikuti para aparatur sipil negara (ASN), masyarakat, juga jamaah Masjid Agung Kota Tasikmalaya. “Alhamdulillah, sebagian bisa hadir,” ujar dia.

Ketua Harian Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Kota Tasikmalaya KH Aminudin Bustomi mengatakan, tadarus Alquran ini agenda rutin yang digelar Pemkot Tasikmalaya. Biasanya tadarus dilakukan pada momen Nuzulul Quran, tapi kali ini dilakukan dalam rangka tarhib Ramadhan.

“Ini juga merupakan sinyal dari pemerintah bahwa masyarakat Kota Tasikmalaya harus meningkatkan amal selama Ramadhan karena bulan puasa ini banyak implikasi sosialnya,” ujar dia.

 

Menurut Kiai Aminudin, semula kegiatan tadarus Alquran akan dilakukan di Taman Kota Tasikmalaya. Namun, setelah dievaluasi, kegiatan itu akhirnya dilakukan di Masjid Agung Kota Tasikmalaya agar lebih khusyuk.

Selain tadarus, Kiai Aminudin mengatakan, Masjid Agung Kota Tasikmalaya akan menggelar berbagai kegiatan pada bulan Ramadhan. Seperti Tarawih, kuliah subuh, kuliah zhuhur, iktikaf, peringatan Nuzulul Quran, buka bersama dengan anak yatim, dan safari Ramadhan. 

“Kami juga ajak masyarakat untuk terus berbuat amalan. Apalagi Ramadhan kali ini sudah memasuki masa pascapandemi Covid-19. Mudah-mudahan ini menjadi hikmah untuk semuanya,” kata Kiai Aminudin.

Sekda mengatakan, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan rahmat. Ia berpesan kepada ASN di lingkungan Pemkot Tasikmalaya untuk tidak mengendurkan kinerjanya selama Ramadhan.

Sebaliknya, kinerja ASN harus ditingkatkan selama Ramadhan. “Karena pekerjaan pelayanan kepada masyarakat itu akan jadi ibadah. Makanya etos kerjanya harus ditingkatkan,” kata Sekda.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement