Rabu 22 Mar 2023 13:25 WIB

Pemkab Karawang Gelar Bazar Murah di Sepuluh Lokasi saat Ramadhan

Pasar murah sebagai intervensi jika terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok.

Sejumlah warga antre membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar murah minyak goreng di halaman Dinas Perindustriaan dan Perdagangan, Karawang. (Ilustrasi)
Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Sejumlah warga antre membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar murah minyak goreng di halaman Dinas Perindustriaan dan Perdagangan, Karawang. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten Karawang akan menggelar bazar murah di sepuluh wilayah Karawang, selama bulan suci Ramadhan 1444 H. Sepuluh titik bazar murah ini, akan dikolaborasikan dengan jadwal tarling (tarawih keliling).

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Karawang, Hanafi menyampaikan, bazar murah digelar untuk membantu masyarakat dalam memenuhi sejumlah kebutuhan pokok pada bulan suci Ramadhan. Selain itu, juga menjadi bagian dari upaya Pemkab Karawang dalam melakukan intervensi jika saat itu terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok.

Disebutkan Hanafi, kalau bazar murah Ramadhan akan menyediakan daging sapi segar dan beku, ayam potong, sayuran, beras, minyak sayur, gula pasir, dan lain-lain. "Berbagai jenis kebutuhan pokok disiapkan, dan tentu dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran," katanya.

Sekretaris Daerah Karawang Acep Jamhuri menyampaikan, selain bazar murah Ramadhan yang digelar di sepuluh titik sesuai dengan agenda, disarankan agar para kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang juga menggelar bazar murah di desa-desa.

 

Selain membantu masyarakat mendapatkan sejumlah kebutuhan pokok, kegiatan itu juga penting untuk menekan laju inflasi selama bulan Ramadhan.

"Tentu ini akan menjadi hal baru di Karawang, karena tidak semua dinas terkait saja yang melaksanakan bazaar. Tetapi, bisa ke tingkat kecamatan dan hingga desa bisa menjual kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," kata Sekda.

Dia mencontohkan, daerah Riau yang telah berhasil menekan laju inflasi dengan cara memperbanyak kegiatan bazar murah. "Ada sejumput kebutuhan pokok yang bisa diintervensi atau dikendalikan harganya. Jadi, ini bisa menekan laju inflasi di dalam daerah," kata dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement