Kamis 23 Mar 2023 15:44 WIB

Khotmil Quran di Masjid Agung Indramayu Digelar Tiap Hari Selama Ramadhan

Puluhan orang disebut dilibatkan untuk khotmil Quran di Masjid Agung Indramayu.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Ketua DKM Masjid Agung Indramayu H Aan Fathul Anwar.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Ketua DKM Masjid Agung Indramayu H Aan Fathul Anwar.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kegiatan membaca Alquran sampai khatam atau khotmil Quran akan digelar secara rutin di Masjid Agung Indramayu, Jawa Barat, selama bulan Ramadhan. Khotmil Quran rencananya dilakukan setiap hari.

Ketua DKM Masjid Agung Indramayu H Aan Fathul Anwar menjelaskan, khotmil Quran dijadwalkan setiap pukul 17.00-18.00 WIB. Untuk membaca Alquran sampai khatam disebut dilibatkan puluhan orang. “Jadi, sebanyak 30 juz itu dibagi 90 orang. Dalam waktu satu jam bisa khatam. Jadi, setiap hari khotmil Quran,” kata Aan, Kamis (23/3/2023).

Aan mengatakan, khotmil Quran diupayakan setiap hari selama bulan Ramadhan dengan tujuan untuk membumikan Alquran di Kabupaten Indramayu. Melalui kegiatan itu, masyarakat diajak untuk mencintai Alquran.

“Di bulan Ramadhan ini kita tanamkan kepada mereka bahwa Alquran itu pedoman kita. Minimal cintai bacaannya dulu. Terus pahami maknanya dan amalkan,” ujar Aan.

Selepas khotmil Quran, sambil menunggu waktu berbuka puasa, ada Hikmah Ramadhan. Menurut Aan, Masjid Agung Indramayu setiap hari menyediakan sekitar 300 porsi makanan untuk berbuka puasa. Warga bisa berbuka puasa gratis.

Warga pun bisa shalat Tarawih berjamaah di Masjid Agung Indramayu. Sebelum shalat Tarawih diagendakan kajian Islam/kultum. Adapun bakda Tarawih dijadwalkan tadarus Alquran.

Masjid Agung Indramayu juga menyiapkan agenda kajian Islam Subuh (Kulsub). Kemudian iktikaf pada sepuluh hari terakhir Ramadhan. Selain itu, penyelenggaraan zakat fitrah dan shalat Idul Fitri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement