Sabtu 25 Mar 2023 22:54 WIB

Banjir Bandang Terjang Jamberama, 12 Rumah Warga Terdampak

Banjir bandang di Kuningan Jawa Barat jangan sampai menelan korban jiwa.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi banjir bandang.
Foto: ANTARA FOTO/Novian Fazli
Ilustrasi banjir bandang.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN – Banjir bandang menerjang Dusun Cilimus, RT 02, 03, 04 RW.01, Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Sabtu (25/3/2023) pukul 15.48 WIB. Tidak ada korban jwia dalam peristiwa tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, menjelaskan, bencana tersebut diawali dengan hujan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur Desa Jamberama, dari pukul 13.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Baca Juga

Hujan tersebut sungai Cilimus yang ada di daerah setempat menjadi meluap. Luapan itu mengakibatkan air dan lumpur masuk ke rumah-rumah warga. ‘’Ada 12 rumah warga yang terdampak,’’ terang Indra.

Indra menyebutkan, ke-12 rumah tersebut masing-masing milik Soma (dihuni 4 jiwa), Yayat (dihuni 3 jiwa), Rusta (dihuni 4 jiwa), Sanwidi (dihuni 4 jiwa),  Sarjuni (dihuni 4 jiwa), Tardi (dihuni 5 jiwa), Malih (dihuni 4 jiwa), Juhri (dihuni 2 jiwa),  Kana (dihuni 5 jiwa), Ajo (dihuni 3 jiwa),  Sarju (dihuni 3 jiwa) dan  Adit (dihuni 4 jiwa).

 

Indra mengatakan, banjir sudah kembali surut pada pukul 17.17 WIB. Meski demikian, kondisi cuaca masih hujan gerimis.

Aparat desa setempat pun telah berkoordinasi dengan kecamatan, TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Kuningan. Aparat desa dengan dibantu masyarakat pun telah membersihkan material lumpur yang masuk ke rumah-rumah warga.

Sedangkan untuk pembersihan material banjir bandang di lingkungan, direncanakan akan dilakukan pada Ahad (26/3/2023). BPBD Kuningan pun sementara memberikan bantuan sejumlah paket sembako melalui camat Selajambe. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement